Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mahasiswa Tewas di Tol Madiun-Nganjuk usai Beli Buku untuk Skripsi

Kompas.com - 26/04/2019, 22:22 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sulaimatul Azizah (22) adalah salah satu korban tewas kecelakaan di Tol Madiun-Nganjuk, Jum'at (26/4/2019) dini hari.

Santriwati Pondok Pondok Pesantren putri Al Masruriyah Tebuireng Jombang ini mengalami kecelakaan saat pulang seusai membeli buku untuk kepentingan skripsi di Yogyakarta.

Pengasuh Pesantren Putri Al Masruriyah Tebuireng, KH Zaki Amrullah Hadzik menjelaskan, Sulaimatul Azizah merupakan santri di Pesantren Putri Al Masruriyah sejak SMA.

Tahun ini, putri dari Abdul Mutholib itu tengah mengerjakan tugas menyusun skripsi di Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng.

Untuk keperluan penyusunan skripsi, Sulaimatul Azizah bersama teman-temannya pada program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Unhasy Tebuireng, berangkat ke Yogyakarta untuk membeli buku.

Baca juga: Polisi Sebut Kecelakaan Rombongan Mahasiswa di Tol Madiun-Nganjuk karena Sopir Mengantuk

Namun, dalam perjalanan pulang kembali ke Jombang, kendaraan yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan.

"Almarhumah anak yang baik. Kecelakaan dialami saat pulang dari membeli buku untuk kebutuhan skripsi," ujar pria yang akrab disapa Gus Zaki ini saat ditemui di Pesantren Putri Al Masruriyah, Jumat (26/4/2019) malam.

Dimakamkan di Tebuireng

Gus Zaki mengatakan, rencananya, pemakaman jenazah mahasiswi semester akhir ini dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019) pagi di kompleks pemakaman umum Tebuireng.

Menurutnya, rumah orangtua Sulaimatul Azizah berada di perbatasan Lampung-Palembang. Akses dari bandara ke rumah diperkirakan masih memerlukan waktu 13 jam.

Atas pertimbangan jarak dan kesepakatan keluarga, salah satu santri terbaik di Pesantren Putri Al Masruriyah tersebut dimakamkan di kompleks pemakaman umum Tebuireng.

"Setelah musyawarah, diputuskan oleh keluarga agar dimakamkan di Tebuireng. Alasannya sebenarnya sangat simpel, biar dekat dengan (makam) Gus Dur," kata.

Baca juga: Minibus Bawa Rombongan Mahasiswa Tabrak Tronton di Tol Madiun-Nganjuk, 5 Tewas

 

Sebagaimana diberitakan, sebuah minibus berisi 11 mahasiswa menabrak truk tronton di jalan tool Madiun-Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (26/4/2019) dini hari. Lima orang penumpang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Salah satunya ialah Sulamiatul Azizah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com