Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua RW di Makassar Kedapatan Mencoblos di Dua TPS Berbeda

Kompas.com - 22/04/2019, 12:29 WIB
Himawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang oknum ketua RW 01 Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakukang, Makassar, Sulawesi Selatan diduga melakukan dua kali pencoblosan di dua TPS berbeda pada Pemilu 17 April 2019 lalu.

Ketua Bawaslu Kota Makassar Nursari membenarkan hal ini. Menurutnya, oknun ketua RW itu diduga mencoblos dari TPS 02 ke TPS 06 Kelurahan Pandang. Nursari mengatakan saat ini Bawaslu sudah memproses kejadian ini.

"Sekarang prosesnya sudah berjalan di Gakkumdu. Kalau kami sudah memprosesnya secara administrasi," kata Nursari saat dikomfirmasi Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Nursari menambahkan saat ini pihaknya sudah merekomendasikan kepada KPU Kota Makassar untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS 06 tersebut.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Makassar Terancam Pemungutan Suara Ulang, Ini Penyebabnya

 

Aksi oknum ketua RW tersebut pertama kali didapati oleh salah seorang saksi.

"Sudah kami rekomendasikan ke KPU. Selain di TPS tersebut, di Kecamatan Panakukang ada juga satu TPS yang direkomendasikan PSU," ungkapnya.

Sejauh ini Bawaslu sudah merekomendasikan lima TPS di Kota Makassar untuk melakukan pemungutan suara ulang. Lima TPS tersebut masing-masing dua dari Kecamatan Panakukang dan tiga TPS di Kecamatan Mariso.

Rekomendasi PSU ini sendiri dikarenakan banyaknya pemilih yang tidak memiliki formulir A5 tetapi tetap mencoblos karena membawa KTP elektronik.

Hingga kini masih ada enam TPS di Makassar yang berpotensi untuk melakukan pemungutan suara ulang.

Baca juga: Ketua KPPS di Makassar dan Dua Pemilih Siluman Diamankan Polisi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com