Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pemilu di RSJ Daerah Surakarta, Jokowi dan Prabowo Imbang

Kompas.com - 17/04/2019, 16:34 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sama kuat dan mendapatkan suara imbang dalam penghitungan suara di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta atau TPS 108, Jebres, Surakarta.

Para pemilih merupakan pasien dengan gangguan jiwa yang telah mendapat izin mencoblos dari dokter.

Berdasarkan laporan C1 TPS 108 Jebres yang diterima Kompas.com dari Koordinator Humas RSJ Daerah Surakarta, Totok Hardiyanto, Rabu (17/4/2019) siang, kedua paslon sama-sama memperoleh 29 suara.

Total suara yang ada di TPS ini adalah 61 orang, 58 di antaranya dinyatakan sah, sementara tiga yang lain dinyatakan tidak sah karena berbagai hal.

Baca juga: Memahami Pemilih dengan Gangguan Jiwa dan Berkebutuhan Khusus...

Hasil penghitungan suara di RSJD SurakartaDok. Pribadi RSJD Surakarta Hasil penghitungan suara di RSJD Surakarta

Sebelumnya, terdapat 77 pasien RSJ Daerah Surakarta yang dinyatakan layak memilih dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Akan tetapi, karena  berbagai hal, misalnya kondisi pasien yang berubah menjadi tidak stabil, atau pasien yang sudah diperbolehkan pulang, jumlah itu menyusut pada hari-H atau saat pencoblosan.

TPS 108 Jebres ini dibuat di dalam ruangan lengkap dengan pendingin ruangan di Aula Indraprasta lantai 1 di RSJ Daerah Surakarta. Menurut Totok, hal ini dapat menciptakan suasana nyaman bagi para pemilih.

Sebelum melakukan pencoblosan di bilik suara hari ini, para pasien mendapatkan sosialisasi tentang Pemilu Serentak 2019 dari KPU yang menyampaikan segala hal terkait landasan hukum dan teknis pelaksanaan pemilu.

Para pasien yang merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu pun antusias mengikuti sosialisasi yang digelar. Berbagai pertanyaan pun mewarnai sesi sosialisasi, sebagai bentuk antusias mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com