Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di TPS Ganjar Pranowo

Kompas.com - 17/04/2019, 16:12 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak atas pesaingnya, Prabowo-Sandiaga di tempat pemungutan suara (TPS) tempat mencoblos Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penghitungan surat suara di TPS 1 Kelurahan Gajahmungkur, Kota Semarang, itu telah selesai dilakukan, Rabu (17/4/2019) siang tadi.

Ketua KPPS TPS 1 Kelurahan Gajahmungkur, Ari Agung N mengatakan, di TPS ini ada 237 orang yang terdaftar sebagai daftar pemilih. Dari jumlah itu, 234 di antaranya telah menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Menang Kalah di Pemilu Biasa, Jangan Dibuat Drama

Sisanya, 1 pemilih dinyatakan gugur karena telah meninggal dunia, serta 2 sisanya mengajukan pindah pemilihan ke TPS lain.

Setelah selesai waktu pencoblosan, panitia melakukan penghitungan surat suara. Dari 234 pemilih, pasangan Jokowi-Amin mendapat 201 suara, sementara pasangan Prabowo-Sandi mendapat 29 suara.

Sebanyak 4 suara dari 234 pemilih sisanya dinyatakan batal karena sudah rusak.

"Surat suara sah ada 234. Empat suara batal karena dicoblos tidak sesuai sasaran baik 01 maupun 02," kata Agung.

Setelah dihitung, surat suara lalu ditulis di dalam formulir yang telah disediakan. Lalu semua anggota TPS dan para saksi pasangan calon menandatangani dokumen hasil pencoblosan.

Proses penghitungan surat suara di TPS tersebut hingga pukul 15.00 WIB tadi masih berlangsung, yaitu penghitungan suara legislatif.

Baca juga: Bersepeda ke TPS, Ganjar Pranowo dan Keluarga Kompak Kenakan Baju Putih

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pagi tadi bersama keluarga ikut menyalurkan hak politiknya pada Pemilu 2019.

Mengenakan pakaian serba putih, Ganjar dan keluarga menuju TPS dengan bersepeda bersama-sama dari rumah dinas Puri Gedeh, Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com