Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Kubu Prabowo soal Dukungan 12 Kepala Daerah di Sumbar untuk Jokowi

Kompas.com - 10/04/2019, 11:46 WIB
Perdana Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PADANG, KOMPAS.com - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Sumatera Barat mengklaim dukungan 12 kepala daerah pada calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Maaruf Amin tidak akan berpengaruh kepada pemilih di Sumbar.

"Yang memilih itu masyarakat, bukan kepala daerah. Sumbar itu basisnya Pak Prabowo, silahkan saja buktikan nanti," kata Sekretaris BPP Prabowo-Sandi Sumbar Nasfryzal Carlo, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: 12 Kepala Daerah di Sumbar Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

Nasfryzal menyebutkan, pihaknya memprediksi suara Prabowo-Sandi justru akan naik dibandingkan pada Pilpres 2014 lalu.

"Kalau dulu di Pilpres 2014 Pak Prabowo mendapat 76,9 persen. Nah, di Pilpres ini malahan diprediksi dan ditargetkan 80 persen," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengklaim, dengan dukungan 12 kepala daerah di Sumbar, akan mendongkrak perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Pasti ada pengaruhnya. Dulu di Pilpres 2014 tidak ada deklarasi dukungan kepala daerah. Sekarang ada. Hal itu membuktikan telah ada perubahan signifikan," kata Hendra, yang juga Ketua DPRD Sumbar dari Partai Golkar itu.

Baca juga: Sebanyak 27 Caleg di Sumbar Dicoret KPU, Ini Sebabnya

Hendra memprediksi, Jokowi-Ma'ruf Amin bisa menang dengan perolehan suara 51 persen lebih di Sumbar.

"Apa yang diperbuat pemerintahan Jokowi sudah dirasakan masyarakat. Makanya kepala daerah tersebut memberikan dukungan. Dukungan ini jelas akan meningkatkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumbar," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com