Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Tewas Tersengat Listrik Lampu Penerangan Jalan Saat Mengairi Sawah

Kompas.com - 25/03/2019, 19:10 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Nasib tragis menimpa Agus Sugiarto (29), warga Dusun Planjetan, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Petani itu tewas tersengat listrik di areal sawah pinggir jalan di Dusun Kedungmulyo, Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh, Senin (25/3/2019). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com menyebutkan, peristiwa tragis itu terjadi siang sekitar pukul 11.00 WIB saat korban tengah beraktivitas di sawah.

Sebelum kejadian, korban tengah berjalan kaki menuju parit yang berjarak sekitar 45 meter dari sawah. Saat itu, korban berpamitan dengan petani lainnya yakni Pajiyo (51) lantaran hendak mengalirkan air dari parit menuju sawah.

Beberapa saat kemudian, Pajiyo terkaget setelah mendengar jeritan keras dari arah parit. Penasaran dengan teriakan itu, Pajiyo lantas berlari menghampiri sumber suara.

Baca juga: 5 Fakta Banjir di Kabupaten Bandung, Jalan Utama Lumpuh hingga Warga Tewas Tersengat Listrik

Sesampainya di lokasi kejadian, Pajiyo melihat korban hanya berdiri terdiam dengan salah satu tangannya berpengangan pada tiang lampu penerangan jalan.

Menyadari jika korban tersetrum, Pajiyo bergegas menarik tubuh korban supaya terlepas dari tiang lampu. 

"Namun saya malah ikut tersengat dan terpental. Beberapa warga yang melihat kemudian berupaya memberikan pertolongan, namun pegangan tangan Agus di tiang sudah terlepas dengan sendirinya. Agus terjatuh," terang Pajiyo.

Petugas Kepolisian Sektor Toroh yang menerima laporan selanjutnya meluncur ke lokasi kejadian untuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP). Jasad korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Toroh I untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca juga: Bocah yang Viral karena Tersengat Listrik Selamat

Kapolsek Toroh AKP Sudarwati mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim medis tidak ditemukan unsur penganiayaan pada fisik korban.

Korban dinyatakan meninggal dunia karena tersengat listrik dari tiang lampu penerangan.

"Telapak tangan korban biru akibat tersengat arus listrik dari tiang lampu penerangan yang bermasalah. Jenazah korban, kami serahkan pihak keluarga untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com