Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Luncurkan Dua Kereta Penolong Terbaru, Investasi hingga Rp 6 M

Kompas.com - 15/03/2019, 15:43 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta penolong terbaru di Stasiun Bandung, Jumat (15/3/2019).

Satu rangkaian kereta penolong tersebut terdiri dari satu unik kereta penolong I yang berfungsi untuk evakuasi sarana KA dan satu unit lainnya untuk mengevakuasi penumpang dan kru KA.

“Investasinya Rp 6 miliar untuk dua kereta itu,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: KAI Berlakukan Jalur Ganda, 5 Kereta Api di Madiun Terlambat hingga 1,5 jam

Edi menjelaskan, kereta penolong ini mengalami penambahan. Dulu, kereta penolong hanya berfungsi mengevakuasi sarana kereta api seperti kereta, gerbong, dan lokomotif ketika terjadi gangguan dalam perjalanan.

Sedangkan yang terbaru dilengkapi fasilitas IGD untuk evakuasi penumpang dan petugas yang mengalami luka-luka.

“Dengan kereta penolong ini memungkinkan proses evakuasi lebih cepat apabila terjadi peristiwa luar biasa hebat (PLH),” ungkapnya.

Kereta ini memiliki tenaga penggerak sendiri. Sebab, pembuatannya menggunakan metode alih fungsi dari KRD (kereta rel diesel).

Karena kereta tersebut tidak perlu ditarik lokomotif, maka waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi kejadian bisa diminimalisasi.

“Untuk Jawa setidaknya perlu ada tiga (kereta penolong), sehingga kalau ada apa-apa cepat ambil tindakan. Saat ini ada dua. Sumatera juga sudah ada,” ungkapnya.

Kereta ini akan dioperasikan pada Lebaran nanti, mengingat setiap daerah memiliki titik rawan longsor, banjir, dan anjlok.

Kompas TV #SitiAisyah terdakwa pembunuhan Kim Jong Nam dibebaskan. Senin sore Siti sudah sampai di Indonesia.<br /> Pemerintah RI Larang terbang sementara pesawat #Boeing737-8 Max. Larangan ini terkait jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines jenis yang sama.<br /> Perbaikan jalur kereta api listrik Cilebut-Bogor selesai, #KRL kembali beroperasi setelah terguling Minggu (10/3)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com