Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gowes" Trans Jawa 900 KM, 50 Pesepeda Singgah di Semarang

Kompas.com - 05/03/2019, 13:15 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 50 orang pesepeda yang mengikuti kegiatan Jelajah Trans Jawa sepanjang 900 Km tiba di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2018).

Mereka berhasil menuntaskan sebagian perjalanan menuju ibu kota, dengan berhasil menempuh perjalanan hampir 400 kilometer dari Surabaya.

Koordinator kegiatan Jelajah Trans Jawa 900 Km, Hendra Dharmanto, mengatakan, gowes menyusuri Trans Jawa untuk melihat secara dekat perkembangan infrastruktur di Pulau Jawa.

Sebelum singgah di Semarang, para peserta juga sempat singgah di Madiun untuk melihat bangunan irigasi berupa cor beton yang digunakan untuk mengairi sawah.

"Para peserta yang ikut, melihat perkembangan Pulau Jawa. Selain bersepeda, kami juga berbagi pengelolaan infrastruktur desa satu ke desa lainnya," ujar Hendra, melalui siaran tertulisnya ke Kompas.com, Selasa (5/3/2019). 

Baca juga: Gowes 900 Km, 50 Pesepeda Menjelajah Trans Jawa hingga Istana Negara

Singgah di dua desa

Setelah menempuh perjalanan sekitar 400 Km, 50 pesepeda itu singgah di dua desa di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kota Semarang.

Dua desa yang dipilih yaitu di Desa Lerep, dan Desa Kalisidi, Kabupaten Semarang. Kedua desa ini dinilai sukses mengelola dana desa untuk membangun infrastruktur pedesaan.

Di Desa Lerep, para pesepeda diajak melihat bangunan embung yang dibangun melalui dana desa. Embung yang berfungsi untuk mengairi pertanian warga itu juga ternyata dikemas menjadi satu destinasi wisata.

Lokasi desa Lerep sendiri berada di lereng kaki Gunung Ungaran.

Baca juga: Promosikan KA Galunggung, PT KAI Gandeng Komunitas Sepeda Lipat Gowes Keliling Tasik

Setelah dari Embung Lerep, para pesepeda juga diajak mampir di desa Kalisidi. Di lokasi itu, para bikers diperlihatkan bagaimana warga menyalurkan air dari sumber air di pegunungan langsung ke rumah-rumah warga. Instalasi air dibuat dengan rapi.

Setelah puas melihat proyek infrastruktur desa, para bikers berkesempatan mencicipi makanan berupa sayur daun kopi.

Kegiatan Jelajah Trans Jawa diikuti oleh 50 pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia dengan rute Surabaya-Jakarta. Start dimulai dari dari titik nol Surabaya menuju Istana Negara, Jakarta.

Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com