Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Yogyakarta Upayakan Perbaikan Jaringan Secepatnya

Kompas.com - 01/03/2019, 19:56 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi


YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Akibat angin kencang di wilayah Yogyakarta, sejumlah instalasi listrik mengalami kendala, seperti hampir ambruknya tiang listrik di jalan Majapahit, tepatnya di perempatan Blok O.

PLN Area Yogyakarta berupaya pelayanan listrik pulih pada Jumat (1/3/2019) malam.

"Kami upayakan listrik normal dinyalakan dulu, meski dari konstruksi belum sepenuhnya pulih," kata Manajer PLN Area Yogyakarta, Eric Rossi saat dihubungi wartawan, Jumat petang.

Dia mengatakan, pihaknya masih mendata dampak pemadaman. Untuk tiang listrik yang miring di sekitar blok O, arus induknya dari daerah Gejayan, Sleman, menuju wilayah Banguntapan, Bantul.

Diperkirakan, perbaikan akan selesai 3 jam setelah petang tadi.

"Kondisinya masih basah, kan juga harus mengutamakan keselamatan dari rekan-rekan. Kemungkinan 3 jam baru pulih,"ucapnya.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang di Yogyakarta, Pohon Tumbang Timpa Mobil, Tiang Listrik Miring

Bagus, salah satu warga di Desa Banguntapan mengaku sejak angin kencang sore tadi listrik di kosnya mati.

"Karena pekerjaan membutuhkan aliran listrik, sementara saya pergi ke warnet di kota Yogyakarta. Tadi 20 menit lalu masih mati listrik,"ucapnya.

Hujan dan angin kencang menyebabkan banyak terjadi pohon tumbang di sejumlah wilayah di Yogyakarta, terutama wilayah Bantul.

Dari data Pusdalop BPBD DIY pukul 19.00 WIB, sejumlah pohon tumbang di Bantul, Kota Yogyakarta, dan Sleman.

Di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, ada dua kejadian, yang pertama di halaman parkir Kebun Binatang Gembira Loka, Rejowinangun, dimana pohon tumbang menimpa bus pariwisata. Kedua, pohon mangga menimpa tembok pembatas rumah.

Di Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, ada 4 kejadian, diantaranya pohon tumbang. Di Kecamatan Ngampilan, atap rumah seorang warga bertebaran.

Untuk Kabupaten Bantul, di Kecamatan Banguntapan ada 11 kejadian, pohon tumbang hingga tiang listrik miring. Sementara, untuk Kecamatan Kasihan, dua lokasi pohon tumbang menimpa jaringan listrik serta rumah. 

Masih di Bantul, di Kecamatan Piyungan dan Kecamatan Sedayu pohon tumbang menimpa jaringan listrik.

Untuk Kabupaten Sleman, di Kecamatan Pakem ada dua kejadian yakni pohon tumbang dan atap rumah milik warga rusak terkena angin. Di Kecamatan Gamping, sejumlah pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan jalan.

"Proses penanganan masih berlangsung," kata Manager Pusdalop BPBD DIY Danang Syamsurizal. 

Kompas TV Petugas membersihkan landasan pesawat dan akses menuju Bandara Notohadinegoro, Jember, Jawa Timur, yang tertutup pohon tumbang dan tiang listrik roboh. Angin kencang diserta hujan deras ini terjadi pada Sabtu (16/2/2019) petang kemarin. Tidak hanya merusak bagian dalam Bandara Notohadinegoro, seorang petugas bandara juga terluka akibat terkena pecahan kaca dalam kejadian ini. Puluhan petugas diterjunkan untuk membersihkan akses menuju bandara yang tertutup tiang listrik dan pohon di tepi jalan. Perbaikan juga dilakukan di sejumlah fasilitas bandara seperti atap plafon ruang tunggu penumpang antena pantau dan papan reklame maskapai. Petugas juga membersihkan landasan pacu pesawat dari batu dan pasir. Meski sejumlah fasilitas di dalam bandara rusak pihak bandara memastikan penerbangan berlangsung normal.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com