Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan dan Angin Kencang di Yogyakarta, Pohon Tumbang Timpa Mobil, Tiang Listrik Miring

Kompas.com - 01/03/2019, 18:48 WIB
Markus Yuwono,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik hampir ambruk di wilayah Bantul, Yogyakarta. Angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Yogyakarta, Jumat (1/3/2019).

Salah seorang relawan Kecamatan Banguntapan, Markus Dwiyono, mengatakan, peristiwa hujan disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00.

Di sekitar perempatan Blok O, Banguntapan, pohon tumbang di tempat parkir RS Hardjolukito dan tiang listrik hampir roboh. Hal ini sempat menyebabkan kemacetan panjang di sekitar Ring Road Timur atau Jalan Majapahit.

"Yang paling parah tiang listrik hampir roboh itu," katanya di lokasi, Jumat.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi menambahkan, untuk memudahkan petugas menyingkirkan pohon dan memperbaiki jaringan listrik, pihaknya mengalihkan sementara arus lalu lintas.

"Langsung ditangani PLN, tadi sempat kami alihkan arus untuk mengurangi kepadatan," katanya.

Hujan deras dan angin kencang landa kawasan Bantul, Yogyakarta, Jumat (1/3/2019). Akibatnya, pohon bertumbangan dan tiang listrik miring nyaris roboh, misalnya di perempatan Blok O, Jalan Majapahit, Yogyakarta.KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Hujan deras dan angin kencang landa kawasan Bantul, Yogyakarta, Jumat (1/3/2019). Akibatnya, pohon bertumbangan dan tiang listrik miring nyaris roboh, misalnya di perempatan Blok O, Jalan Majapahit, Yogyakarta.

Salah seorang pengendara, Ridho, mengatakan, dia yang akan pulang ke Gunung Kidul dari Sleman sempat tersendat akibat peristiwa hujan deras dan angin kencang.

"Iya tadi sempat tersendat, ternyata ada pohon tumbang dan tiang listrik miring," ucapnya.

Dari data Pusdalop BPBD DIY, selain Banguntapan, angin kencang juga menerjang wilayah Kota Yogyakarta, yakni di Kecamatan Kotagede, Wirobrajan, dan Ngampilan.

Manajer Pusdalop BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan, sejumlah wilayah di Yogyakarta terdampak angin kencang, seperti di Kecamatan Wirobrajan satu lokasi, Ngampilan satu kejadian. Keduanya di Kota Yogyakarta.

Hujan deras dan angin kencang landa kawasan Bantul, Yogyakarta, Jumat (1/3/2019). Akibatnya, pohon bertumbangan dan tiang listrik miring nyaris roboh, misalnya di perempatan Blok O, Jalan Majapahit, Yogyakarta.Pusdalops BPPD Yogyakarta Hujan deras dan angin kencang landa kawasan Bantul, Yogyakarta, Jumat (1/3/2019). Akibatnya, pohon bertumbangan dan tiang listrik miring nyaris roboh, misalnya di perempatan Blok O, Jalan Majapahit, Yogyakarta.

 

Di Kecamatan Banguntapan ada 11 titik kejadian, sedangkan di Kecamatan Kasihan Bantul ada dua titik.

"Kabupaten Sleman ada satu titik di Kecamatan Pakem, pohon timpa rumah warga," katanya.

Pihaknya mengimbau warga untuk waspada terkait cuaca sore ini yang kurang bersahabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com