Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promo Gratis KA Galunggung Bandung-Tasikmalaya Diperpanjang hingga 31 Maret

Kompas.com - 26/02/2019, 15:45 WIB
Reni Susanti,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang promo tiket kereta api (KA) Galunggung relasi Bandung (Kiaracondong)-Tasikmalaya dan KA Pangandaran relasi Gambir-Bandung-Banjar.

“Setelah dua kali perpanjangan, saat ini masa promo diperpanjang hingga 31 Maret 2019,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, saat ditemui di Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019).

Dengan promo ini, penumpang bisa melakukan perjalanan KA Galunggung dengan gratis. Sedangkan KA Pangandaran menawarkan beberapa promo. Salah satunya tarif Bandung-Banjar (PP) Rp 1.

“Sebelumnya, promo KA Galunggung hanya sampai 25 Februari 2019, dan masa promo KA Pangandaran hingga 28 Februari 2019,” ucapnya.

Joni menjelaskan, ada beberapa alasan pihaknya memperpanjang promo tiket KA Galunggung dan KA Pangandaran. Pertama, animo masyarakat cukup tinggi.

Sampai dengan 24 Februari, rata-rata okupansi per hari KA Galunggung mencapai 89 persen dari kapasitas tempat duduk baik rute Kiaracondong–Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Sedangkan tingkat keterisian penumpang KA Pangandaran untuk relasi Gambir-Bandung–Banjar maupun sebaliknya rata-ratanya 146 persen.

“Kenapa lebih dari 100 persen, karena penumpang dinamis. Ada yang turun di Cipeundeuy, Tasik, kemudian diisi penumpang dari situ,” ucapnya.

Kedua, membantu pemerintah Jawa Barat untuk menghidupkan pariwisata ke Jabar Selatan. Ketiga, agar maasyarakat bisa menikmati layanan kereta.

“Terakhir, menumbuhkan cinta masyarakat kepada kereta api,” tuturnya.

Untuk memesan tiket KA Galunggung, calon penumpang hanya bisa melakukannya di loket stasiun yang dilintasi KA Galunggung pada hari-H keberangkatan (go show).

Pemesanan tiket harus dilakukan dengan cara mengisi nomor identitas di blangko yang telah disediakan.

Sama seperti sebelumnya, tiket promo KA Galunggung ini hanya dapat dibatalkan. Namun tidak bisa mengubah jadwal.

Sedangkan untuk pemesanan tiket KA Pangandaran, tetap mengacu pada detail berikut:

- Gambir-Banjar (pp): kelas eksekutif Rp150.000 dan kelas ekonomi premium Rp110.000 atau setara dengan tarif Argo Parahyangan, Bandung-Gambir (pp). Pemesanan dapat dilakukan mulai H-30 di KAI Access, Web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

- Bandung-Banjar (pp): kelas eksekutif dan ekonomi premium Rp1. Pemesanan hanya dapat dilakukan di loket stasiun pada hari keberangkatan (go show). Setiap pengantre dibatasi pembeliannya maksimal sebanyak 4 tiket.

- Angkutan Lanjutan Cibatu-Garut pp masih disediakan KAI secara gratis. Penumpang cukup membeli tiket relasi Gambir-Garut dan akan mendapatkan layanan angkutan lanjutan secara cuma-cuma dari Stasiun Cibatu menuju Garut atau sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com