Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

290 Warga Bantu KPU Ciamis Lipat Surat Suara

Kompas.com - 26/02/2019, 13:40 WIB
Candra Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai melipat surat suara untuk Pemilu Serentak 2019, Selasa (26/2/2019).

Surat suara yang siap dilipat baru untuk tiga pemilihan, yakni DPRD kabupaten, DPRD provinsi dan DPR RI.

"Surat suara yang dilipat per satu pemilihan sebanyak 958.000 lembar. Saat ini surat suara yang sudah ada baru tiga pemilihan. Surat suara pemilihan presiden dan DPD RI belum diterima," kata Ketua KPU Kabupaten Ciamis Agus Fatah di sela acara simulasi pengamanan pemilu oleh Polres Ciamis di Lapangan Lokasana Ciamis, Selasa.

Agus mengatakan, surat suara dilipat di Graha Ayu Jalan Yos Sudarso, Ciamis. Pelipatan dan penyortiran melibatkan 290 warga setempat.

"Baru hari ini dilipat mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Ada 29 kelompok (pelipat), satu kelompok terdiri dari 10 orang," jelas Agus.

Baca juga: 645 Pelajar SMK di Magelang Dilibatkan dalam Pelipatan Surat Suara Pemilu

Dia menargetkan, pelipatan surat suara satu pemilihan selesai selama tiga hari. Pelipatan, kata dia, cukup menyita waktu mengingat besarnya ukuran surat suara.

"Memang dalam posisi awal di dus ada dua lipatan, tinggal tiga lipatan lagi. Tapi harus dilihat lagi untuk memastikan surat suara rusak atau tidak," jelasnya.

Baca juga: Ribuan Surat Suara Rusak di KPU Luwu Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com