Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Joko Widodo Pimpin Aksi Bersih Pantai di Ambon

Kompas.com - 20/02/2019, 11:46 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Aksi bersih pantai di lakukan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di kawasan Jempabat Merah Putih, Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (20/2/2019).

Aksi bersih lingkungan tersebut merupakan bagian dari program Gerakan Indonesia Bersih. Aksi ini ikut melibatkan ibu-ibu OASE Kabinet Kerja, ibu Persit, ibu Bhayangkara, Jalaselastri, para mahasiswa, pelajar dan komunitas peduli lingkungan di Kota Ambon.

Dalam aksi itu ibu negara mengenakan baju kaos putih lengan panjang dengan sweater berwarna biru muda. Iriana juga memakai topi pantai bermotif batik dengan tulisan OASE Kabinet Kerja.

Pantauan di lapangan, Iriana memungut sampah plastik yang berada di pantai tersebut kemudian diikuti oleh ratusan peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut. Mereka memunguti sampah lalu dimasukan kedalam kantung plastik hingga pantai terlihat bersih.

Baca juga: Kunjungan Kerja ke Cianjur, Ini Kegiatan Jokowi dan Iriana

Sebelum aksi bersih pantai dilangsungkan, ibu negara bersama rombongan yang hadir terlebih dahulu mengikuti senam bersama dilanjutkan dengan penyerahan bantuan tempat (tong) sampah secara simbolis oleh OASE KK kepada para penerima bantuan.

Bantuan tong sampah yang diberikan berjumlah 100 buah yang disumbangkan bagi masyarakat di Kota Ambon.

Disela-sela aksi kegiatan tersebut, Iriana Joko Widodo mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan itu diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih sadar terhadap lingkungan pantai.

Dia pun meminta pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon untuk melanjutkan kegiatan tersebut agar sampah yang berserakan di pantai tersebut terbebas dari sampah.

”Gerakan bersih-bersih pantai ini bukan hanya untuk hari itu saja dan saya serahkan semoga ditindaklanjuti oleh Gubernur," ujarnya.

Baca juga: Senang, Karmini Pigura Uang Pembelian Keripik Tempe dari Iriana Jokowi

Anggota OASE KK, Ratnawati Jonan yang juga istri dari Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan mengaku gerakan bersih pantai yang melibatkan lapisan masyarakat di Kota Ambon adalah untuk mengurangi sampah plastik.

Program ini kata Ratnawati, merupakan salah satu program yang dicanangkan sang Ibu Negara.

"Program yang sangat bagus dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sampai ke sekolah-sekolah mengenai bahaya sampah plastik dan bagaimana menangani sampah plastik,"jelasnya.

Usai memungut sampah, Sang Ibu Negara bersama personil OASE KK menyempatkan diri foto bersama di RTH di bawah Jembatan Merah Putih.

Selanjutnya sebelum meninggalkan lokasi tersebut, Ibu Negara ikut bersalaman dengan ibu-ibu dan berselfie bersama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com