Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Mendung, Warga Bandung Berpotensi Tak Bisa Nikmati Super Snow Moon Malam Ini

Kompas.com - 19/02/2019, 19:23 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG,KOMPAS.com - Masyarakat Kota Bandung bepotensi sulit menikmati fenomena Supermoon atau bulan purnama dengan titik terdekat di bumi (perige) yang akan terjadi Selasa, (19/2/2019) malam ini.

Hal tersebut terjadi karena kondisi cuaca malam yang mendung di Bandung yang disertai hujan ringan.

"Cuaca nanti malam di Bandung Raya adalah hujan ringan," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Toni Sukma Wijaya melalui pesan singkat, Selasa (19/2/2019).

Mengingat cuaca buruk tersebut, langit pun terlihat tertutupi awan, sehingga menghalangi pandangan untuk melihat langsung fenomena Supermoon kali ini.

"Ada potensi tidak kelihatan," ujarnya.

Baca juga: Ada Supermoon, BPBD Ingatkan Nelayan Pasang Air Laut

BMKG mengungkapkan, bulan purnama perige terjadi mulai pukul 16.02 WIB.

Saat itu, posisi bulan berada di titik perige, yakni 363.300 kilometer dan pukul 22.53 WIB, bulan berada di fase bulan purnama terbesar.

Saat bulan purnama perige terjadi, ukuran bulan menjadi lebih besar 14 persen dari saat purnama apoge atau titik terjauh bumi ke bulan.

Tak hanya lebih besar, saat purnama perige terjadi, bulan akan lebih terang 30 persen dibandingkan saat purnama apoge.

Salah satu warga kota Bandung, Fulca (26) mengaku ingin sekali melihat Supermoon saat ini, karena fenomena langka ini bisa lagi terjadi beberapa tahun ke depan.

"Ingin sih lihat, tapi ya gimana lagi cuaca gak mendukung. Kalau baca di berita sih Super Snow Moon kali ini bisa dilihat tujuh tahun lagi, kan sayang juga kalau dilewatkan, tapi ya bagaimana lagi, kita enggak bisa menentang alam," kata Fulca.

Kompas TV Fenomena gerhana bulan pada Rabu (31/1) malam termasuk gerhana langka karena bertepatan dengan fenomena supermoon dan blood moon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com