Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Sejumlah Wilayah di Manado Dilanda Banjir dan Longsor

Kompas.com - 01/02/2019, 09:16 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Cuaca buruk berupa hujan intensitas sedang hingga lebat melanda wilayah Sulawesi Utara (Sulut) pada Jumat (01/02/2019).

Akibat cuaca buruk ini, sejumlah wilayah di Kota Manado diterjang banjir dan longsor, seperti terpantau di media sosial (medos) warga. 

Misalnya di Kampung Islam Tuminting terjadi banjir. Kemudian di Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunakan, air dari Kali Buha naik ke pemukiman warga dan masuk ke dalam rumah. 

Di Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala, air menggenangi badan jalan, dan itu juga terjadi di depan SPBU Tikala. 

Baca juga: Cegah Penyebaran DBD, Pemkot Manado Bentuk Tim Pemantau Jentik

Di Kelurahan Ketang Baru, Kecamatan Singkil juga sudah terjadi banjir. Sedangkan tanah longsor terjadi di ruas Jalan Pumorow Manado.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Sulut.

BMKG mencatat berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir pada pukul 08.00 Wita di wilayah Manado, Minahasa Utara, Minahasa, Tomohon, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Utara dan sekitarnya.

Serta dapat meluas ke wilayah Bitung, Bolaang Mongondow Timur, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan dan sekitarnya.

Baca juga: Warga Manado Diajak Berdoa di Rumah Ibadah Setiap Tanggal 1

 

Cuaca buruk

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama mengatakan, berdasarkan pantauan citra satelit pukul 08.50 WITA, sebagian besar wilayah Sulawesi Utara masih berpotensi cuaca buruk berupa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Dikarenakan adanya belokan angin di wilayah Sulawesi Utara karena pengaruh daerah tekanan rendah di wilayah selatan khatulistiwa. Dihimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir, untuk lebih waspada dengan kondisi saat ini," imbaunya.

Sementara, Kepala Kantor SAR Manado Amiruddin melalui Humas SAR Feri Ariyanto mengatakan, masyarakat yang di tinggal di bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati.

"Saat ini air DAS Tondano naik perlahan lahan, dan tidak kalah penting masyarakat yang tinggal di perbukitan agar waspada," katanya.

Pantauan Kompas.com, hingga pukul 09.46 WITA, hujan lebat masih mengguyur wilayah Sulut, khususnya Kota Manado.

Baca juga: RSJ Ratumbuysang Manado Siap Tampung Caleg Stres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com