Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 27/01/2019, 16:47 WIB
Farida Farhan,
Krisiandi

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sebanyak 29 rumah di Dusun Krajan, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang rusak setelah diterjang angin puting beliung, Minggu (27/01/2019).

"Peristiwa itu terjadi saat subuh ketika banyak warga yang masih tidur mendengar suara gemuruh karena genting atap rumah beterbangan," ujar salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Kaming.

Kaming mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dan luka akibat terjangan puting beliung di Dusun Krajan RT 01 dan RT 02 dan Dusun Sukamulya RT 002 tersebut. Namun, sejumlah rumah mengalami kerusakan pada bagian atap.

"Persisnya ada 23 rumah warga mengalami kerusakan, kerugian ditaksir mencapai Rp 120 juta," tambahnya.

Baca juga: Puting Beliung Terjang Sumba Timur, 11 Rumah Warga Rusak

Kaming mengatakan, petugas BPBD Karawang datang ke lokasi bencana setelah mendapat laporan dari warga setempat. Saat tiba di lokasi bencana, kata dia, petugas menemukan rumah-rumah warga sudah porakporanda.

"Peristiwanya berlangsung cepat, dan hanya sebentar saja rumah warga berantakan. Kami datang membantu warga membersihkan puing-puing genting yang sudah pecah," katanya.

Kompas TV Sejumlah warga, korban puting beliung di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/1) pagi mulai perbaiki rumahnya yang rusak. Perbaikan di antaranya dilakukan pada bagian atap rumah. Selain memperbaiki rumah, warga juga membersihkan sisa puing bangunan rumahnya yang rusak. Meski demikian, tak semua warga mau memperbaiki rumahnya secara swadaya. Beberapa di antaranya masih menunggu bantuan material untuk memperbaiki rumahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com