Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Beri Bantuan untuk Koramil yang Rusak Terkena Angin Puting Beliung

Kompas.com - 14/01/2019, 05:16 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Bencana angin puting beliung yang melanda dua desa di Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu (12/1/2019), selain merusak bangunan rumah milik warga, juga membuat rusak bangunan Koramil 0812/22 Glagah.

Bangunan Koramil tersebut berada di Dusun Dukuan, Desa Glagah, Kecamatan Glagah, Lamongan.

Tampak bangunan milik TNI tersebut mengalami kerusakan, terutama di bagian atap gedung. Jajaran kepolisian di Lamongan pun turun untuk membantu.

Baca juga: Puting Beliung di Lamongan: Rusak Puluhan Rumah, Puskesmas, KUD, hingga Pelaminan

"Ini bentuk sinergitas, di mana ada saudara kami pihak Koramil yang tertimpa musibah, wajib kami membantu sebagai aparat kepolisian," ujar Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung, Minggu (13/1/2019).

"Kami dari Polres Lamongan ada keterpanggilan, ada kepedulian, yang itu merupakan program dari Bapak Kapolda (Jatim), sehingga kami turun untuk bersama-sama membantu. Selain kemarin ada anggota yang sudah ikut membantu pembersihan, kami drop sejumlah bahan bangunan yang bisa digunakan untuk kembali membangun bangunan Koramil," ucap dia.

Selain memberikan bantuan bahan bangunan untuk proses renovasi bangunan Koramil Glagah, pihak kepolisian Lamongan juga menyerahkan bantuan serupa kepada beberapa warga yang juga terdampak bencana angin puting beliung tersebut.

"Kemudian untuk warga yang terdampak, kami juga ada sedikit bantuan berupa bahan bangunan seperti asbes, kayu, dan lain-lain, untuk membantu meringankan beban mereka. Karena bagaimana pun, kami dalam melaksanakan tugas juga tidak bisa sendiri dan membutuhkan dukungan dari semua elemen," tambah Feby.

Sementara itu, Danramil Glagah Kapten Kav Nur Chodjim mengatakan, ada beberapa bagian bangunan Koramil Glagah yang sempat terdampak bencana angin puting beliung, yang terjadi pada Sabtu siang itu.

Baca juga: Pos Lantas di Lamongan Ini Pernah Diserang Teroris, Kini Tampil Beda

"Atap mushala hilang semua, belandar atap Koramil patah karena tertimpa tower repeater. Total ada tiga ruangan yang rusak," tutur Nur Chodjim.

Mewakili jajaran Koramil Glagah, ia pun berterima kasih dengan bantuan yang diberikan oleh pihak kepolisian, sebagai sinergitas yang terbentuk antarsesama penegak keamanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun selain Koramil, beberapa fasilitas umum milik pemerintah juga mengalami kerusakan akibat puting beliung tersebut, seperti bangunan Puskesmas Glagah dan gudang KUD (Koperasi Unit Desa) Mina Lestari, yang berada di wilayah Glagah.

Kompas TV Sejumlah warga, korban puting beliung di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/1) pagi mulai perbaiki rumahnya yang rusak. Perbaikan di antaranya dilakukan pada bagian atap rumah. Selain memperbaiki rumah, warga juga membersihkan sisa puing bangunan rumahnya yang rusak. Meski demikian, tak semua warga mau memperbaiki rumahnya secara swadaya. Beberapa di antaranya masih menunggu bantuan material untuk memperbaiki rumahnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com