Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasi Jalur Pantura, Mampir di 6 Warung Soto Kraksaan yang Legendaris Ini!

Kompas.com - 27/01/2019, 09:57 WIB
Ahmad Faisol,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kraksaan, Ibu Kota Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memiliki wisata kuliner andalan. Kuliner tersebut sangat terkenal bahkan digemari mereka yang berkunjung ke daerah ini.

Makanan favorit legendaris tersebut adalah Soto Kraksaan.

Wisatawan atau warga yang melintasi Probolinggo tak melewatkan untuk mencicipi Soto Kraksaan. Lokasinya juga mudah dijangkau karena berada di pinggir jalur Pantura.

Sedikitnya, ada enam warung Soto Kraksaan yang selalu ramai pembeli. Warung-warung ini sudah berdiri selama puluhan tahun.

Keenam warung soto tersebut adalah Warung Soto Bu Kartika, Soto Bu Mus, Soto Pak Ali, Soto Pak Dali, Soto Pak Koya, dan Soto Bu Kholis.

Baca juga: Jokowi: Saya Minta di Rest Area Jualannya Bukan Kentucky, Diganti Sate dan Soto...

 

Kiki, warga Jakarta Selatan, mengaku, selalu mampir ke Warung Soto Bu Kartika saat pulang kampung ke Bali ketika melintasi jalur Pantura Kraksaan.

"Lokasinya berada di sisi utara jalur Pantura. Sehingga kami tidak perlu menyeberang, langsung minggir ke kiri jalan. Saya pelanggan Soto Kartika, anak saya juga doyan," kata Kiki.

Soto Kraksaan dengan ciri khas koya menjadi pembeda dari soto daerah lain. KOMPAS.com/A. Faisol Soto Kraksaan dengan ciri khas koya menjadi pembeda dari soto daerah lain.

Sama halnya dengan Endang, warga Surabaya, yang juga penggemar Soto Kraksaan. Soto Bu Mus di Pasar Kebon Agung, menjadi favoritnya. Selain enak, harga semangkok soto juga relatif terjangkau.

"Sotonya lezat. Perpaduan daging kuah dan bumbunya sangat pas, saya selalu mampir setiap on the way ke Banyuwangi," ujar Endang.

Pelintas lainnya, Zaim, yang sering jalan darat ke Malang, menjadikan Soto Kraksaan sebagai menu yang selalui dinikmatinya.

"Warung soto kesukaan saya adalah Warung Soto Pak Koya. Saya sudah menjadi pelanggannya sejak tahun 1998. Koyanya itu yang bikin maknyus dan pas di lidah," kata Zaim.

Bagaimana cerita 6 warung soto legendaris ini?

Soto Bu Kartika

Warung Soto Bu Kartika terletak di timur pom bensin Desa Kebon Agung Kraksaan. Terpatnya, berada di sisi utara jalur Pantura.

Meski baru membuka warung soto ini dalam setahun terakhir, Kartika terlibat dalam usaha warung soto saudaranya sejak 1950-an.

Kuah soto di warung ini tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Daging ayam kampungnya kenyal dan porsi kecambah yang jadi campuran soto cukup banyak.

Alasan Kartika, para pembelinya menyukai kecambah dan bermanfaat bagi kesehatan.

"Pelanggan saya dari Lombok, Bali bahkan NTT. Pembeli yang berasal dari daerah Jawa Timur juga tidak sedikit. Warung soto saya buka dari pagi hingga malam," kata Kartika, Minggu (27/1/2019).

Sejauh ini pelanggannya adalah petani, sopir truk, siswa sekolah hingga karyawan swasta. Kartika punya reseo rahasia untuk soto racikannya. Salah satunya, mengenai lamanya waktu meracik dan memasak soto.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com