Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kerusakan Lereng, PT JSN Sisir Jalan Tol Ruas Salatiga-Kartasura

Kompas.com - 27/12/2018, 11:51 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Solo-Ngawi (JSN) melakukan langkah antisipasi terjadinya kerusakan rounding (lereng) bahu jalan tol ruas Salatiga-Kartasura selama musim hujan tiba.

Antisipasi yang dilakukan yakni dengan cara menyisir sepanjang jalan tol yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa itu.

"Kami akan sisir sepanjang jalan tol (ruas Salatiga-Kartasura) kira-kira yang ada potensi kerusakan itu mana. Kalau ada nanti akan kami cegah, misal ada saluran rusak langsung kami perbaiki," kata Direktur Teknik PT JSN Aryo Gunanto di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/12/2018).

Pihaknya tidak ingin peristiwa di jalan tol ruas Salatiga-Kartasura KM 489+500 terjadi di lokasi lainnya. Lereng bahu jalan tol ruas Salatiga-Kartasura mengalami kerusakan karena tidak sempurnanya drainase dan akibat hujan.

Baca juga: Perbaikan Lereng Jalan Tol Ruas Salatiga-Kartasura KM 489+500 Rampung 4 Hari

Aryo mengatakan, jalan tol ruas Salatiga-Kartasura masih dalam pemeliharaan selama tiga tahun ke depan. Jika ditemukan ada kerusakan, masih menjadi tanggung jawab kontraktor untuk perbaikan.

"Pembangunan jalan tol baru selesai akhir November 2018 dan langsung dioperasikan. Jadi kalau ada kerusakan masih menjadi tanggung jawab kontraktor karena masa pemeliharaan," jelas dia.

Pimpinan proyek ruas Salatiga-Kartasura PT JSN Eddy Broto menambahkan, ada dua titik yang perlu diwaspadai karena rawan kerusakan di sepanjang ruas Salatiga-Kartasura. Dua titik tersebut berada di KM 487 dekat rest area dan 487+200.

"Nanti akan kami cegah dengan proteksi. Kami juga akan mengerahkan teman-teman konsultan untuk memantau karena ini masih pemeliharaan," ungkap Eddy.

Kompas TV Wakapolri, Komjen Ari Dono meninjau langsung kesiapan Tol Kali Kangkung di Semarang, Jawa Tengah. Melihat antrean di gerbang tol Wakapolri mengimbau pengguna tol untuk tidak berhenti di bahu jalan. Wakapolri, Komjen Ari Dono menijau arus mudik natal di Tol Kali Kangkung. Menurut Wakapolri titik kemacetan ada di setiap gerbang tol dan <em>rest area</em>. Wakapolri pun mengimbau jika terjadi perlambatan pengguna jalan tol untuk tidak melintas di bahu jalan dan tetap berada di jalur tengah. Sehingga tidak menambah kemacetan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com