Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Tren, Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu Bikin Taman Buat "Selfie"

Kompas.com - 26/12/2018, 08:34 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu selalu menjadi salah satu primadona saat liburan panjang di penghujung tahun.

Pada liburan natal hingga tahun baru kali ini, sudah sepekan lebih setiap harinya, wahana wisata ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.

Para pengunjung biasanya lebih tertarik untuk melihat Kawah Putri yang merupakan kawah utama Gunung Tangkuban Parahu atau sekadar menikmati udara sejuk pegunungan.

“Kalau dari weekend biasa, jumlah pengunjung (musim liburan sekarang) bisa naik 25 sampai 30 persen,” kata Heri Hidayat, kepala staf PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) selaku pengelola TWA Gunung Tangkuban Parahu saat ditemui di kantornya, Selasa (25/12/2018).

Ada yang berbeda di dalam kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu di tahun 2018 ini. Sebab, PT GRPP membangun sejumlah infrastruktur baru untuk menambah daya tarik wisata. Infrastruktur baru tersebut adalah spot swafoto yang diberi nama taman cinta, taman Orchid House, pusat edukasi konservasi dan food court.

Baca juga: Cuaca Buruk Diduga Sebabkan Kapal Wisata di Pulau Padar Tenggelam

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, semua sarana dan prasarana baru tersebut dibangun di sekitar terminal Jayagiri yang terletak satu kilometer sebelum kawah Putri.

Tiga lokasi, yakni Taman Cinta, Orchid House dan Taman Konservasi terlihat cerah dengan warna-warni yang menghiasi sehingga menjadi cukup menarik untuk dijadikan objek swafoto.

“Di Tangkuban Parahu ini kan daya tariknya biasanya hanya kawah. Maka kita lakukan inovasi, ikut tren sekarang. Karena orang sekarang kalau wisata yang dicari spot selfie. Biar pengunjung enggak bosen juga. Kalau food court kita buat untuk pedagang sekitar sebagai pemberdayaan masyarakat,” ungkap Heri.

Heri memastikan pihaknya akan terus melakukan inovasi setiap tahunnya untuk memanjakan pengunjung.

“Ke depan pasti ada lagi karena kita punya rencana karya tahunan, dan rencana karya 5 tahunan. Jadi pasti pada pembaharuan. Pokoknya pasti ada kejutan lah,” bebernya.

Tuti Harniati (41) dan Tuti Mahmudah (42), dua orang kakak adik dari Cikarang yang tengah berkunjung ke Taman Cinta untuk swafoto di lokasi tersebut mengaku sangat puas dengan sarana dan prasarana baru di TWA Gunung Tangkuban Parahu.

“Sekarang udah enak, bagus, jadi ada tempat buat selfie-nya,” ujar keduanya.

Baca juga: Sampah Plastik Terserak di Pesisir Pantai Wisata Kecamatan Temon

Keduanya menambahkan, keberadaan sarana dan prasarana baru tersebut membuat uang Rp.30.000 yang dikeluarkan mereka untuk membeli tiket masuk menjadi lebih setimpal.

“Rp. 30.000 kalau kondisinya bagus kayak begini ya, cocok,” ujar mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com