Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Kabupaten Poso Terima 4.039 Kotak Suara untuk Pemilu 2019

Kompas.com - 26/11/2018, 19:56 WIB
Mansur,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

POSO KOMPAS.com - Sebanyak 4.039 kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI pusat ke KPU Kabupaten Poso tiba di Poso, Senin (26/11/2018).

Material kotak surat suara berupa karton itu diterima oleh pihak KPU Kabupaten Poso, disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Poso dan aparat kepolisian setempat.

Sebelumnya, seluruh kotak surat suara itu dikirim langsung oleh KPU RI melalui jalur laut dan tiba di pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu (25/11/2018).

Selanjutnya, kotak surat suara diangkut ke Poso melalui jalan darat dengan menggunakan 4 unit mobil truk.

Setelah tiba di kantor KPU Kabupaten Poso, kotak surat suara tersebut kemudian diperiksa dan kemudian disimpan di gudang di Kelurahan Lombogia, Kecamatan Poso Kota Utara.

Ketua KPU kabupaten Poso Budiman Maliki dalam keterangannya kepada sejumlah media mengatakan bahwa sebanyak 4.039 kota suara yang sudah diterima dan disimpan rapi di gudang merupakan bagian dalam tahapan Pemilu 2019.

Baca juga: 4.748 Kotak Suara Pemilu 2019 Tiba di Mimika

Menurutnya, dari keseluruhan kotak suara yang ada, terdapat kelebihan 189 kotak suara untuk cadangan. Dengan demikian, diharapkan kebutuhan logistik berupa kotak suara untuk pemilu tahun 2019 di kabupaten Poso telah terpenuhi.

"Pihak KPU sebenarnya hanya meminta 3.850 kotak suara sesuai kebutuhan,untuk kelebihan 189 kotak suara yang di kirim oleh KPU RI itu untuk menjaga apabila terjadi kerusakan pada kotak suara yang berada di TPS nantinya," ungkap Budiman Maliki.

Pihak KPU Kabupaten Poso menambahkan, setelah material sudah diterima dan dipastikan lengkap, selanjutnya menunggu tahapan distribusi bilik suara.

Dipastikan dalam waktu dekatmaterial bilik suara tersebut akan diterima dengan proses pengiriman yang sama dengan logistik kotak suara

"Saya berharap semua proses distribusi bisa berjalan lancar dan aman,’’ pungkas Budiman Maliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com