Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Bak Terbuka Tabrak Tebing, Seorang Penumpang Tewas

Kompas.com - 22/11/2018, 15:21 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kendaraan bak terbuka mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Ponjong-Tambakromo di Padukuhan Plataran, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta, Kamis (22/11/2018) pagi.

Diduga mobil menabrak tebing karena pengendara tidak konsentrasi saat berkendara. kecelakaan ini mengakibatkan seorang tewas.

Panit Lantas Polsek Karangmojo Iptu Edi Ganefiono memaparkan, peristiwa naas ini terjadi sekitsr pukul 03.00 WIB.

Mobil Toyota Nopol AB 9690 GD yang dikemudikan oleh Pardi (47) warga Ngampel ombo, Desa Sumbergiri melaju dari arah Tambakromo menuju Ponjong.

Baca juga: Tabrak Karang Setelah Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Terbelah Menjadi dua

 

Sesampainya di lokasi kejadian, mobil bak terbuka berpenumpang 5 orang di dalam bak belakang itu tiba-tiba oleng dan tidak bisa dikendalikan.

Kondisi jalanan menurun dan berbelok, pengemudi tidak dapat mengendalikan laju kendaraan yang semakin kencang.

"Mobil terus melaju, sopir sudah berusaha mengendalikan tetapi tidak berhasil. Hingga akhirnya mobil baru terhenti setelah badan mobil bak terbuka yang membawa rombongan hendak ke pasar itu menabrak sebuah tebing di sisi kanan jalan," kata Panit Lantas Polsek Karangmojo Iptu Edi Ganefiono saat dihubungi wartawan, Kamis. 

Benturan keras pun terjadi antara bebatuan dengan kendaraan, membuat para penumpang yang berada di dalam bak terjatuh pula. Satu korban atas nama Kinem (55) warga Ngampel ombo meninggal dunia.

"Pengemudi dan 4 orang penumpang lainnya mengalami luka-luka," ucapnya.

Baca juga: Kasus Lion Air Tabrak Tiang Bandara: Petugas AMC Diperiksa hingga Pendapat Ahli

Adapun identitas korban lainnya yakni Istianti (16), Supri (43), Ginem (41), dan Wito (56). Secara keseluruhan korban dan sopir merupakan warga Ngampel Ombo, Desa Subergiri, Kecamatan Ponjong.

"Barang bukti sudah diamankan untuk penyelidikan. Kami dibantu dengan Unit Laka Polres Gunungkidul," kata Edi. 

Menurut dia, karakter jalanan di Kecamatan Ponjong memang mayoritas merupakan tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Pihaknya menghimbau para pengguna jalan untuk dapat lebih berhati-hati.

Nekat

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kecelakaan, karena saat ini masih proses penyelidikan.

Namun demikian pihaknya mengimbau kepada pengendara dan penumpang untuk tidak nekat menggunakan mobil bak terbuka.

"Kendaraan bak terbuka sesuai dengan peraturan tidak diperkenankan untuk mengangkut orang, namun untuk mengangkut barang," katanya. 

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan tindakan kepada pengemudi yang nekat mengangkut penumpang menggunakan bak terbuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com