Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya Muncul di Sungai Siak, BBKSDA Riau Lakukan Pengecekan

Kompas.com - 31/10/2018, 20:13 WIB
Citra Indriani,
Khairina

Tim Redaksi

 

PEKANBARU, KOMPAS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menindaklanjuti laporan terkait kemunculan seekor buaya di Sungai Siak, Pekanbaru, Riau. Petugas melakukan pengecekan, Rabu (31/10/2018).

Seekor buaya berukuran besar muncul sepekan lalu di Sungai Siak yang menggemparkan warga di bantaran sungai tersebut. Sebab, sangat jarang buaya muncul ke permukaan Sungai Siak.

"Terkait kemunculan buaya di Sungai Siak, kami mengimbau kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai harus waspada," ucap Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau Mulyo Hutomo, Rabu (31/10/2018).

Dia mengungkapkan, aliran Sungai Siak Pekanbaru salah satu habitat buaya. Di Sungai Siak ada dua jenis buaya, yakni buaya muara (Crocodylus porosus) dan buaya senyulong (Tomistima sp)," kata Hutomo.

"Sebagian habitat buaya di Riau terdapat di Sungai Kampar, Sungai Indragiri, Sungai Rokan, dan Sungai Siak. Empat sungai besar ini habitatnya buaya muara dan senyulong," jelas Hutomo.

Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di kawasan aliran sungai agar terus mewaspadai serangan buaya. Terlebih lagi, di Sungai Siak banyak anak-anak yang sering mandi di sungai tersebut.

"Kami imbau masyarakat agar tidak berenang di lokasi kemunculan buaya," tutup Hutomo.

Kompas TV Dan saat ini sudah ada lima saksi yang masih dilakukan pemeriksaan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com