Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sound Detector Bantu Temukan Jenazah di Hotel Roa Roa

Kompas.com - 02/10/2018, 16:44 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pada Selasa, (2/10/2018) pagi, tim Basarnas melakukan pemasangan sound detector di lokasi hotel Roa Roa.

Pemasangan tersebut lantaran tim mendengar ada suara dalam puing reruntuhan bangunan hotel.

"Semalam infonya terdengar ada suara," kata Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, Selasa (2/10/2018). 

Hari ini tim Basarnas kembali menemukan seorang korban lain di puing-puing bangunan hotel Roa Roa.

Seperti diketahui, seorang atlet paralayang asal Jawa Timur bernama Ardi Kurniawan, Selasa pagi ditemukan di reruntuhan Hotel Roa Roa Palu. Jenazah Ardi dibawa ke RS Bhayangkara Palu.

Selain alat berat, tim Basarnas juga menggunakan sound detector dan search cam untuk memastikan kembali adanya suara-suara yang didengar terdapat dibawah reruntuhan bangunan hotel Roa Roa.

Baca juga: Kemensos Pastikan Distribusi Bantuan Logistik ke Palu Berjalan Baik

Di wilayah Petobo, katanya, tim Basarnas berhasil mengevakuasi korban lainnya.

"Kami terus evakuasi korban, tidak hanya di Kota Palu, Donggala, tetapi Mamuju dan lainnya yang terdampak gempa dan tsunami," jelasnya. 

Tim Basarnas melanjutkan pencarian korban ke Kabupaten Sigi untuk melakukan pencarian korban yang diduga masih tertimbun lumpur.

"Kami menemukan tiga korban tanpa identitas tertimbun lumpur dalam kondisi meninggal dunia di Desa Lagaleso, selanjutnya dievakuasi ke Posko PMI yang berjarak kurang lebih 6 kilometer dari tempat ditemukannya korban," jelasnya.

Gempa bumi bemagnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala dan disusul tsunami, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah. 

Hingga Selasa (2/10/2018), tercatat 1.234 orang meninggal dunia, 799 terluka berat. Selain itu, ada 59.450 jiwa pengungsi yang tersebar di 109 titik di Kota Palu, sedang jumlah pengungsi di Kabupaten Donggala datanya belum dapat disampaikan.

Kompas TV Data ini diperoleh dari BNPB pada hari ini (2/10) pukul 13.00 WIB.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com