Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 BERITA TERPOPULER NUSANTARA: Keajaiban di Balik Bencana hingga Niat Prabowo

Kompas.com - 02/10/2018, 09:06 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 5 berita terpopuler Nusantara di Kompas.com menyajikan sejumlah fakta tentang korban yang berhasil selamat pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala. 

Salah satunya adalah berita tentang seorang bocah laki-laki yang ditemukan warga di parit akhirnya sudah bertemu degan orangtuanya.

Selain itu, perkembangan informasi tentang evakuasi korban di bawah reruntuhan Hotel Roa Roa menjadi perhatian pembaca. 7 atlet nasional paralayang diketahui terjebak di hotel tersebut.

Secara lengkap, ini lima berita terpopuler di hari kemarin.

1. Kronologi bayi di parit bertemu dengan orangtuanya

Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah viral di jejaring Twitter, Sabtu (29/9/2018).
Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah viral di jejaring Twitter, Sabtu (29/9/2018).

Foto Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasimita menggendong seorang bayi laki-laki di Mapolda Sulawesi Tengah pada hari Minggu (30/9/2018), menjadi viral.

Bayi tersebut ternyata salah satu korban selamat yang terpisah dari orangtua. Tak berselang lama, akun Instagram Mensos mengabarkan, bayi tersebut sudah bertemu dengan orangtuanya.

Di tengah bencana, masih ada harapan. 

Baca berita selengkapnya: Fakta di Balik Penemuan Bayi Laki-laki di Parit Pascatsunami

2. Selamat dari gempa ketika berlindung di bawah kasur

Hotel Roa Roa di kawasan Maesa di Kelurahan Lolu Timur, Kota Palu, luluh lantak dihantam rangkaian gempa yang melanda Sulawesi Tengah. Puluhan tamu belum diketahui nasibnya.KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR Hotel Roa Roa di kawasan Maesa di Kelurahan Lolu Timur, Kota Palu, luluh lantak dihantam rangkaian gempa yang melanda Sulawesi Tengah. Puluhan tamu belum diketahui nasibnya.

Selain balita laki-laki yang berhasil selamat dari gempa dan akhirnya bertemu lagi dengan orangtuanya, ada kisah lain juga menjadi perhatian pembaca.

Kisah Fitri, seorang perempuan asal Lampung yang bertahan dua hari di bawah kasur saat gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Palu dan Donggala.

"Satu korban selamat kembali ditemukan tim Basarnas. Adapun data korban atas nama Fitri (25) asal Lampung," kata Fatmawati dari bagian humas Kantor SAR Palu melalui pesan singkar Minggu (30/9/2018) malam.

Fatma menjelaskan, Fitri ditemukan Minggu siang oleh tim dalam posisi di bawah tempat tidur yang tertimpa beton. Ia adalah tamu yang sedang menginap di Hotel Roa Roa di Jalan Patimura, Kota Palu.

Baca berita selengkapnya: Seorang Wanita Ditemukan Hidup di Bawah Reruntuhan Hotel Roa Roa

3. Kisah Arif di balik musibah gempa

Petugas Basarnas melakukan pencarian korban gempa dan tsunami di Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9).   Berdasarkan data BNPB jumlah korban akibat gempa dan tsunami per (30/9) pukul 13.00, sebanyak 832 orang meninggal dunia, 540 luka berat dan 16.732 pengungsi yang tersebar di 24 titik.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Petugas Basarnas melakukan pencarian korban gempa dan tsunami di Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Berdasarkan data BNPB jumlah korban akibat gempa dan tsunami per (30/9) pukul 13.00, sebanyak 832 orang meninggal dunia, 540 luka berat dan 16.732 pengungsi yang tersebar di 24 titik.

Arif tak menyangka, sore itu, Jumat (28/9/2018), Hotel Roa Roa tempatnya menginap di kawasan Maesa, Kelurahan Lolu Timur, Palu, akan luluh lantak rata dengan tanah setelah rangkaian gempa hingga bermagnitudo 7,4 mengguncang wilayah Palu, Sulawesi Tengah, dan sekitarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com