Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Sabar Melayani meski Ditampar Turis Asing, Petugas Imigrasi Terima Penghargaan

Kompas.com - 19/08/2018, 07:02 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

DENPASAR, KOMPAS.com - Ardiansyah, seorang petugas imigrasi di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, mendapat penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali setelah ditampar oleh wisatawan asal Inggris.

"Kami memberikan penghargaan kepada Ardiansyah karena saat melakukan tugas di Imigrasi Ngurah Rai mendapat perlakuan tidak menyenangkan atau ditampar wisatawan Inggris, namun dengan sabar dan tidak emosi tetap melayani warga asing itu," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali, Maryoto Sumadi, di Denpasar, Jumat (17/8/2018).

Baca juga: Tak Terima Diperiksa, Warga Inggris Tampar Petugas Imigrasi Ngurah Rai

Dia mengatakan, Ardiansyah mengalami perlakuan tidak baik itu saat melakukan tugas menjaga kedaulatan negara. Si turis tidak terima saat paspornya diambil petugas karena telah tinggal di Indonesia melebihi batas waktu.

"Rencananya saya usulkan Ardiansyah ini untuk mendapat kenaikan pangkat istimewa, karena telah menjadi pelopor dalam memberikan pelayanan prima sesuai standar operasional prosedur pelayanan," ujarnya.

Menurut Maryoto, warga asing itu sudah menjalani proses hukum.

Baca juga: Kisah Margaretha Manhitu Masih Jualan Sayur Meski Anaknya Jadi Bupati TTU

Sementara itu, Ardiansyah menuturkan, insiden penganiayaan itu terjadi pada 28 Juli 2018 di di Kantor Imigrasi Ngurah Rai. Menurut dia, sebelum bertemu dengannya, Auj-e Taqaddas, warga asing tersebut, sudah tampak dalam kondisi emosi.

"Saat itu, saya sudah jelaskan sesuai SOP karena wisatawan Inggris itu sudah tinggal di Bali sudah lebih dari 60 hari dan tidak bisa membayar denda sehingga keberangkatannya ke Inggris dibatalkan dan melapor ke kantor imigrasi," ujarnya.

Setelah diberikan penjelasan, lanjut Ardiansyah, wisatawan asal Inggris itu tidak terima dan mencoba merebut paspornya yang diambil petugas.

"Saat saya pegang paspornya, dia sempat menarik saya untuk mengambil paspornya, namun saya bisa menghindar. Namun, tanpa saya sadar dia langsung menampar saya satu kali pada pipi kiri," ujarnya.

Baca juga: Bersepeda Motor di Jalan Raya, Dua Bocah SD Tewas Terlindas Truk

Ardiansyah juga membantah bahwa petugas imigrasi di Bandara Ngurah Rai memeras Taqaddas.

"Itu tidak benar bahwa ada petugas meminta uang kepadanya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com