Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita 7 Gunung Tertinggi Indonesia dari Sudut Pandang Perempuan

Kompas.com - 15/08/2018, 08:51 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Menghabiskan masa kecil di Bali, Jessica Katharina (22), bukanlah perempuan yang bergelut dengan dunia outdoor seperti sekarang. Badannya ringkih dan lemah, hingga sang ibu pun merasa khawatir.

"Saya ga bisa berdiri lama. Kalau ada yang pingsan saat upacara, itu pasti Jessica," ujarnya kepada Kompas.com, di Eiger Bandung, belum lama ini.

Namun semangatnya sangat besar. Kecintaannya pada dunia outdoor kerap membuatnya nekat hiking, berkemah, dan berkegiatan ekstrem.

Hingga akhirnya ia lulus SMA dan kuliah Seni Peran di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Baca juga: Jokowi Naik Trail Membonceng TGB Tengok Korban Gempa di Lombok Utara

Di saat yang bersamaan ia diperkenalkan dengan dunia outdoor lebih banyak saat menjadi presenter acara travelling di slaah satu stasiun televisi swasta.

Selama empat tahun ia berkecimpung di dunia outdoor, membuatnya tergelitik. Ia ingin mewujudkan impian. Mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia, seorang diri.

"Saya ingin meraih serpihan-serpihan mimpi dan memilih keluar dari zona nyaman. Belajar di alam terbuka, melihat sisi lain feminis negeri ini dari dekat dan merasakan langsung hidup berdampingan dengan mereka," ungkapnya.

"Untuk mencintai negeri ini adalah juga mencintai keberagamannya, baik suku, adat istiadat, agama, dan lainnya. Tentunya dengan tetap mengacu pada ideologi Pancasila," tambahnya.

Ia mengaku kurang puas menikmati dunia outdoor sebagai seorang presenter televisi. Karena menyelami dunia outdoor dalam acara televisi terlalu banyak settingan.

Sedangkan ia ingin lebih merasakan kehidupan nyata di pegunungan termasuk mengenal dirinya lebih jauh. Sebab ia percaya, lebih dari tiga hari di gunung, sikap asli seseorang akan terlihat.

Baca juga: Jadi Idola Baru, Rumah Pemain Timnas U-16 Bagas dan Bagus Ramai Dikunjungi Tamu

Lewat gunung juga ia belajar banyak tentang usaha, kerja keras, untuk mencapai tujuan, yakni puncak.

"Hal itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya seperti ke puncak gunung, cita-cita harus diraih dengan kerja keras," katanya.

Seven Summit

Kini, mimpi itu ada di depan mata. Dimulai 18 Agustus 2018 hingga tahun depan, Jessica akan berupaya menaklukkan tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

Untuk tahun ini, Jessica rencananya akan mendaki tiga gunung yakni Kerinci, Bukit Raya, dan Semeru. Tahun depan ia akan mendaki Latimojang, Binaya, Cartensz, dan Rinjani.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com