Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Ada 10 Nama, Partai Pengusung Jokowi Cari Waktu Bahas Cawapres

Kompas.com - 15/07/2018, 16:59 WIB
Andi Hartik,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mengatakan bahwa seluruh petinggi partai koalisi masih mencari waktu bertemu dengan Joko Widodo untuk membahas 10 nama figur calon wakil presiden.

Selama ini, lanjut dia, Jokowi hanya menggelar pertemuan terbatas dengan masing-masing ketua umum partai yang sudah resmi mengusung dirinya.

"Kami sedang mencari waktu yang cocok di antara seluruh anggota koalisi, khususnya para ketua umum untuk duduk bersama dan menyampaikan pandangan setelah kami bertemu secara bilateral," katanya usai menjadi pembicara dalam Silaturahmi dan Talk Show di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Minggu (15/7/2018).

Baca juga: Cawapres Jokowi Mengerucut pada 10 Nama, Siapa Saja Mereka?

"Karena hari ini Pak Jokowi, karena belum cocok waktunya, masih bertemu terbatas - terbatas berdua dengan ketua umum partai," katanya.

Sebelumnya, Romahurmuziy atau biasa disapa Gus Romy menyebutkan, calon wakil presiden untuk Presiden Jokowi sudah mengerucut pada 10 nama.

Mereka adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Gus Romy.

Baca juga: Jokowi: Saya Minta di Rest Area Jualannya Bukan Kentucky, Diganti Sate dan Soto...

Selain itu, ada pula nama yang berasal dari kalangan ulama, yakni Rais 'Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Dari kalangan teknokrat, ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sementara itu, dari kalangan akademisi ada nama Mahfud MD dan dari kalangan purnawirawan TNI ada nama Jenderal (Purn) Moeldoko. Lalu juga ada nama Chairul Tanjung dari kalangan pengusaha.

Baca juga: Presiden Jokowi Curhat, Semakin Banyak Hujatan di Media Sosial

Sementara itu, pembahasan calon wakil presiden akan dilakukan bersama-sama oleh enam partai koalisi yang sudah resmi menyatakan dukungan kepada Presiden Jokowi, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai NasDem, PPP dan PKB.

Gabungan partai itu tidak akan menunggu partai lain untuk bergabung, termasuk Partai Demokrat yang sudah memberikan sinyal untuk merapat.

"Sampai hari ini Demokrat tidak menentukan sikap, tetapi kami tidak juga dalam posisi menunggu. Karena jumlah koalisi juga sudah lebih dari cukup. Kita akan terus menjalankan agenda termasuk menetapkan calon wakil presiden ini dengan atau tanpa bergabungnya demokrat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com