Salin Artikel

Sudah Ada 10 Nama, Partai Pengusung Jokowi Cari Waktu Bahas Cawapres

Selama ini, lanjut dia, Jokowi hanya menggelar pertemuan terbatas dengan masing-masing ketua umum partai yang sudah resmi mengusung dirinya.

"Kami sedang mencari waktu yang cocok di antara seluruh anggota koalisi, khususnya para ketua umum untuk duduk bersama dan menyampaikan pandangan setelah kami bertemu secara bilateral," katanya usai menjadi pembicara dalam Silaturahmi dan Talk Show di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Minggu (15/7/2018).

"Karena hari ini Pak Jokowi, karena belum cocok waktunya, masih bertemu terbatas - terbatas berdua dengan ketua umum partai," katanya.

Sebelumnya, Romahurmuziy atau biasa disapa Gus Romy menyebutkan, calon wakil presiden untuk Presiden Jokowi sudah mengerucut pada 10 nama.

Mereka adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Gus Romy.

Selain itu, ada pula nama yang berasal dari kalangan ulama, yakni Rais 'Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Dari kalangan teknokrat, ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sementara itu, dari kalangan akademisi ada nama Mahfud MD dan dari kalangan purnawirawan TNI ada nama Jenderal (Purn) Moeldoko. Lalu juga ada nama Chairul Tanjung dari kalangan pengusaha.

Sementara itu, pembahasan calon wakil presiden akan dilakukan bersama-sama oleh enam partai koalisi yang sudah resmi menyatakan dukungan kepada Presiden Jokowi, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai NasDem, PPP dan PKB.

Gabungan partai itu tidak akan menunggu partai lain untuk bergabung, termasuk Partai Demokrat yang sudah memberikan sinyal untuk merapat.

"Sampai hari ini Demokrat tidak menentukan sikap, tetapi kami tidak juga dalam posisi menunggu. Karena jumlah koalisi juga sudah lebih dari cukup. Kita akan terus menjalankan agenda termasuk menetapkan calon wakil presiden ini dengan atau tanpa bergabungnya demokrat," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/15/16592981/sudah-ada-10-nama-partai-pengusung-jokowi-cari-waktu-bahas-cawapres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke