Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cawapres Jokowi Mengerucut pada 10 Nama, Siapa Saja Mereka?

Kompas.com - 15/07/2018, 15:54 WIB
Andi Hartik,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mengatakan calon wakil presiden (Cawapres) untuk Presiden Joko Widodo dalam menghadapi Pemilu 2019 sudah mengerucut kepada 10 nama.

Beberapa nama di antaranya berasal dari kalangan politisi, yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Gus Romy.

Selain itu, juga ada nama yang berasal dari kalangan ulama, yakni Rais 'Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Baca juga: Syarat Cawapres Jokowi, dari Chemistry hingga Faktor Elektoral

Dari kalangan teknokrat ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sementara dari kalangan akademisi ada nama Mahfud MD dan dari kalangan purnawirawan TNI ada nama Jenderal (Purn) Moeldoko. Lalu, ada nama Chairul Tanjung dari kalangan pengusaha.

"10 nama itu ya, ada unsur politisi. Sesuai dengan pembicaraan saya dengan Pak Jokowi, hari Selasa kemarin di Istana Bogor, 10 nama itu yang pertama dari figur politisi ada nama Pak Airlangga, ada nama Cak Imin, dan beliau juga menyebut nama saya sendiri," kata Romy usai menjadi pembicara dalam Silaturahmi dan Talk Show di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Minggu (15/7/2018).

"Kemudian dari figur ulama, Kiai Ma'ruf Amin, ada Pak Din Syamsudin. Kemudian dari figur teknokrat ada Bu Sri Mulyani ada Bu Susi Pujiastuti. Kemudian dari figur akademisi ada Pak Mahfud MD. Dari figur purnawirawan TNI ada Pak Moeldoko. Dan dari figur pengusaha ada Pak Chairul Tanjung," paparnya.

Baca juga: Jokowi: Mbok Sabaaarrr....

Romy memastikan, sosok calon wakil presiden untuk Presiden Jokowi tidak akan jauh dari nama-nama yang disebutkannya itu.

"Insya Allah sesuai dengan pembicaraan saya dengan Pak Jokowi, selasa kemarin, calon wakil presiden Pak Jokowi tidak akan keluar dari 10 nama ini," katanya.

Menurutnya, 10 nama itu sudah dikirim ke semua partai koalisi pengusung Jokowi untuk dilakukan penjajakan di internal partai. Yakni kepada PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, PPP, Partai NasDem dan PKB.

"Tentu ini sudah dishare kepada seluruh ketua-ketua umum partai yang saat ini sudah resmi mengusung Pak Jokowi. Ada enam partai politik. Terakhir kemarin PKB. Dan dimintakan pendapatnya pada saatnya setelah mereka, termasuk saya menyampaikan nama - nama ini kedalam struktur dan konstituen partai PPP," kata Romy.

Kompas TV Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Tuan Guru Bajang saat berada di Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com