Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rekapitulasi Suara KPU, Ganjar-Yasin Menang di Kota Magelang

Kompas.com - 04/07/2018, 13:49 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Rapat pleno tebuka rekapitulasi hasil PIilkada Jawa Tengah 2018 tingkat Kota Magelang selesai digelar KPU Kota Magelang, Rabu (4/7/2018).

Hasilnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (PDI-P, PPP, Golkar, Nasdem, Demokrat) meraup suara terbanyak mencapai 42.990 suara.

Sedangkan paslon nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziah (PKS, PKB, PAN, Partai Gerindra) mendapat 22.217 suara.

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menyebutkan, data yang masuk sudah 100 persen dari 3 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Magelang.

Baca juga: Ganjar-Yasin Unggul di Quick Count, PDI-P Tetap Merasa Kecolongan

Adapun jumlah seluruh suara sah mencapai 65.207, jumlah suara tidak sah 3.703, hingga totalnya 68.910 suara.

Menurutnya, angka partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2018 mencapai 76,29 persen. Ini menunjukkan kualitas demokrasi yang meningkat signifikan.

"Ada tiga indikator yang kita jadikan patokan dalam menentukan kualitas demokrasi. Yakni tingkat partisipasi, ketaatan pada aturan yang mendasari pelaksanaan pemilihan, dan mekanisme pertanggungjawaban yang jelas," urai Basmar di sela-sela kegiatan.

Sementara, ketaatan pada aturan ditunjukkan dengan minimnya rekomendasi pelanggaran dari Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu ke KPU.

"Rekomendasi dari Panwas ke KPU hanya pelanggaran yang berupa alat peraga saja, untuk pelanggaran administrasi, pidana, dan lainnya tidak ada," ungkap Basmar.

Begitupun mekanisme pertanggungjawaban yang jelas ditunjukkan dari saat rekap penghitungan suara di tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) hingga PPK tidak ada perbedaan yang cukup signifikan.

Kompas TV KPU jawa Tengah bekerja sama dengan KompasTV untuk penayangan debat Pilkada.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com