Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Pertama Lomba Kampung Hias Asian Games Dapat 3 Ekor Sapi

Kompas.com - 12/06/2018, 21:27 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Setelah diseleksi secara ketat dari 72 kampung yang mengikuti lombang kampung hias Asian Games, panitia memutuskan, satu kampung yang berada di Gang Masjid RT 18, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan, sebagai pemenang.

Kampung “Cempaka" ini dipilih sebagai pemenang karena pertimbangan upaya masyarakat sekitar yang menghias tempat tinggal mereka dengan corak warna-warni logo Asian Games.

Selain itu, penggunaan barang bekas yang disulap menjadi maskot Asian Games juga menambah penilaian panitia.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Pjs Wali Kota Palembang Akhmad Najib memberikan hadiah kepada pemenang pertama berupa tiga ekor sapi.

Juara kedua didapatkan oleh warga Lorong Mari, RT 2 RW 1, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju dengan total skor 267 dengan hadiah dua ekor sapi.

Baca juga: Warga Belum Ketahui Asian Games, Sosialisasi Digencarkan

Sedangkan juara ketiga, yakni Kampung Jalan Taman Sari RT 2, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, dengan total skor 243 dan mendapatkan satu ekor sapi.

Untuk harapan pertama didapatkan warga Lorong Dimas, Kampung Iklim, RT 3 RW 1, Kelurahan Srimulia, Kecamatan Sematang Borang, dengan total skor 234.

Juara harapan dua diraih Kampung Jalan Talang Gading RT 6 dan 7, Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni, dengan total skor 231.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, dengan adanya kegiatan lomba kampung hias Asian Games, akan dapat lebih menjadikan Kota Palembang lebih dilirik oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

“Ke depan kita berencana menjadikan Palembang sebagai Kota Tercantik di Indonesia. Mari sama-sama kita bangun Kota Palembang dan sukseskan Asian Games 2018 serta Pilkada Serentak 2018,” kata Alex, Selasa ( 12/6/2018).

Sementara itu, Pjs Wali Kota Palembang Akhmad Najib menjelaskan, total peserta yang mengikuti 72 kampung dari 18 kecamatan se-Kota Palembang.

Masing-masing setiap satu kecamatan mengikutkan 4 kampung dalam lomba Kampung Hias Asian Games 2018 ini.

Menurut Najib, ada beberapa hal yang menjadi penilaian dalam lomba ini seperti kreativitas, kerapian dan antusias warga itu sendiri. Sementara untuk kategori juaranya sendiri yang diambil yakni juara 1 hingga 3 dan favaorit 1 dan 2. 

“Hadiah untuk juara favorit mendapatkan kambing. Sementara untuk juara pertama dapat tiga ekor sapi, juara kedua dapat dua ekor sapi dan juara ketiga dapat satu ekor sapi,” jelas Najib.

Baca juga: Bola Raksasa Berdiameter 3,5 Meter Diarak Jelang Asian Games

Najib menjelaskan, lomba ini sendiri dimulai dari tanggal 4 Mei sampai 7 Juni 2018 dan penilaiannya dari tanggal 7 hingga 12 Juni 2018.

“Jurinya ada dari Kabag Pembangunan Zuryati, Disbudpar Provinsi Sumsel dan Wakil Ketua Youth Care M Wira Jaya Kesuma,” ujarnya.

Kompas TV Persiapan opening seremoni di Stadion Utama GBK Jakarta, membuat tim atletik proyeksi Asian Games, tidak dapat menjajal track pertandingan atletik di SUGBK.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com