Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: Demam Asian Games di Palembang Sudah Sangat Terasa

Kompas.com - 30/05/2018, 20:19 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerja di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/5/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Imam mengunjungi berbagai venue seperti venue panjat tebing, menembak dan bowling. Imam mengatakan, “demam” Asian Games sudah sangat terlihat di Palembang, dibandingkan wilayah lain.

“Pemerintah daerah sangat gencar sosialisasi di Palembang, sudah sangat terasa demam Asian Games di sini. Berbeda dengan daerah lain," katanya.

Gencarnya sosialisasi Asian Games di Palembang pun kini telah ditiru oleh daerah lain di nusantara untuk mempromosikan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Hal itu sangat penting karena sebagai tuan rumah, Palembang harus gencar melakukan sosialisasi perhelatan pesta olahrga terbesar se-Asia tersebut.

“Setelah Bapak Presiden mengingatkan, semuanya bergerak, dana promosi harus dipersiapkan,” ujarnya.

Baca juga: Warga Belum Ketahui Asian Games, Sosialisasi Digencarkan

Di sisi lain, venue tembak di Jakabaring diklaim Menpora sebagai yang terbaik di dunia, lantaran di sana menyajikan pemandangan alam serta berhadapan langsung dengan enam rumah ibadah.

Begitu juga dengan venue bowling yang dibangun oleh pihak ketiga, Sinar Mas sebagai venue terbaik se- Asia.

“Di negara lain tidak ada venue sebaik ini seperti venue menembak dan bowling, ini harus dipertahankan,” katanya.

Menpora memastikan seluruh venue yang disiapkan sebagai cabang olahraga Asian Games selesai pada awal Juni mendatang. Setelah itu, rangkaian selanjutnya akan melakukan uji coba seluruh venue dan wisma atlet.

“Nanti ada atlet yang datang ke sini setelah H+3 lebaran, untuk mencoba fasilitas wisma atlet. Seluruh venue dan fasilitas lainnya dipastikan selesai pada awal Juni,” jelas Imam.

Sementara itu, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyerahterimakan gedung pusat olahraga bowling yang berada di lokasi kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, secara resmi kepada  Menteri Olahraga Imam Nahrawi, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

“Penyerahterimaan gedung yang menjadi wujud kebanggaan serta kontribusi APP Sinar Mas atas terpilihnya kembali Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tersebut, secara simbolis diserahkan oleh APP Sinar Mas kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,’ kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin.

Baca juga: Asian Games Bertepatan dengan Puncak Kemarau, BPBD Antisipasi Kebakaran Lahan

Bowling Center memiliki luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar. Bowling center ini memiliki 40 line, terbanyak dari pusat serupa lainnya yang hanya memiliki 20-30 line. Total anggaran yang dialokasikan APP Sinar Mas untuk pembangunan bowling center ini adalah senilai Rp 27 miliar.

Kompas TV Upaya Jokowi dan Modi untuk tetap menjaga layangan tetap terbang di udara disambut oleh tepuk tangan para hadirin di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com