Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3, Jalan Tol Fungsional Kendal-Semarang Ramai Lancar

Kompas.com - 12/06/2018, 12:16 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jalan tol fungsional dari Kendal ke Kota Semarang, Jawa Tengah terpantau ramai lancar pada H-3 Lebaran tahun 2018 ini (12/62018). Kendaraan rata-rata didominasi oleh plat kendaraan dari Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan Kompas.com pada Selasa (12/6/2018) siang ini, kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut ramai lancar. Tidak terlihat kepadatan lalu lintas di jalur tersebut.

Rata-rata kecepatan melewati jalur ini tidak lebih dari 40 km per jam. Antara kendaraan pemudik satu dengan yang lainnya juga tidak terlihat aksi saling mendahului.

Di rest area STA 443 di Kalikangkung, Kecamatan Ngaliyan juga dipadati pemudik. Rata-rata pemudik mampir ingin istirahat, dan buang air kecil.

Baca juga: Viral Video Kendaraan Pemudik Mogok Lewati Tanjakan 50 Derajat di Tol Salatiga-Kartasura

Ada dua tenda besar yang disediakan yang dinikmati secara cuma-cuma oleh pemudik. Tenda dilengkapi dengan pendingin kipas angin.

Di sekitar rest area juga disediakan layanan tukar uang, anjungan tunai mandiri (ATM) secara mobile, serta fasilitas kios penjualan BBM kemasan.

General Manager PT Jasamarga Cabang Semarang Johanes Mancely mengatakan, puncak arus mudik di ruas tol dalam Kota Semarang telah lewat yaitu pada H-6 atau Sabtu (9/6/2018) lalu.

Kendaraan yang melintas di GT Manyaran, Semarang, tercatat sebanyak 44.296 kendaraan atau diatas rata-rata kondisi normal yang mencapai 19.858 kendaraan.

Baca juga: Kapolri: Kalau Tidak Bisa Atasi Begal, Kapolresnya yang Saya Begal...

Sementara pada hari berikutnya, berturut-turut jalan tol itu dilintasi sebanyak 41.508 kendaraan pada H-5 atau 10 Juni 2018 dan 41.051 pada H-4 atau 11 Juni 2018 lalu.

Sementara di Jalan Pantai Utara Jawa (Pantura) di Kota Semarang terpantau ramai lancar pada Senin (11/6/2018) pagi kemarin. Tidak terlihat kepadatan maupun genangan air rob di jalur tersebut.

Jalur Surabaya menuju Jakarta ataupun sebaliknya terpantau ramai lancar. Kendaraan berat tak tampak di jalur tersebut karena memang dilakukan pembatasan jam operasional.

Selain pantura, kondisi jalan arteri Kota Semarang juga ramai lancar. Kendaraan berjalan bebas di jalab arteri RE Martadinata hingga Terboyo.

Tampak pemudik melalui jalur tersebut, baik dari Jakarta, Banten, Purwakarta dan sekitarnya memenuhi jalanan di pinggir laut Kota Semarang itu. 

Baca juga: Ini Skema Tarif Baru PT KAI untuk KA Bersubsidi Mulai 1 Juli

Kompas TV Sejumlah pelajar anggota pramuka di Cirebon, Jawa Barat, membantu polisi mengatur lalu lintas saat arus mudik lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com