Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJS Kesehatan: Peserta JKN-KIS Bisa Gunakan Fasilitas Kesehatan Terdekat saat Mudik

Kompas.com - 05/06/2018, 06:30 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu lndonesia Sehat (JKN-KlS) tidak perlu khawatir saat libur Lebaran tahun ini.

Meski sedang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, peserta tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut.

"Jadi di manapun berada, peserta JKN-KIS tetap bisa menggunakan fasilitas kesehatan terdekat, walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam Zoni Anwar Tanjung, Senin (4/6/2018) malam.

Baca juga: Tunggak BPJS Kesehatan, DAU 3 Daerah Ini Terancam Dipotong

Zoni menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur Lebaran juga berlaku bagi FKTP Non-Puskesmas (klinik pratama dan dokter praktik perorangan) yang membuka praktik pelayanan kesehatan.

"Bahkan peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," jelas Zoni.

Dia mengimbau para peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa Kartu JKN-KlS, agar tetap bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. 

Baca juga: Gratiskan Asuransi Kesehatan Warganya dengan JKN-KIS, Kukar Raih Penghargaan

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

"Aplikasi ini menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan dan lokasi-lokasi eanting serta media sosial BPJS Kesehatan," ujar Zoni.

Selama libur Lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam, termasuk hari Minggu dan hari libur Nasional. 

Kompas TV Modal tambahan ini ditujukan mengurangi masalah keuangan yang membelit BPJS Kesehatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com