Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggak BPJS Kesehatan, DAU 3 Daerah Ini Terancam Dipotong

Kompas.com - 04/01/2018, 21:40 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dana Alokasi Umum (DAU) tiga daerah di Jawa Barat terancam dipotong. Pemotongan terkait tunggakan pada BPJS Kesehatan yang melebihi satu tahun.

"Ada peraturan Kementerian Keuangan, Pemda yang masih mempunyai utang dari Askes atau era BPJS akan dipotong lewat DAU," ujar Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat, Mohammad Edison kepada Kompas.com, Kamis (4/1/2018).

Ketiga daerah yang memiliki utang ke BPJS lebih dari satu tahun, sambung Edison, adalah Sumedang, Majalengka, dan Kuningan. Ketiga daerah ini berkomitmen untuk menyelesaikan utang sebelum keluar wacana peraturan menteri keuangan tersebut.

"Daerah tersebut di APBD perubahan 2017 sudah menunjukkan itikad baik untuk membayar dengan menganggarkan dana. Di tahun 2018 sudah menganggarkan juga," tuturnya.

(Baca juga : BPJS Kesehatan Tunggu Aturan Pemerintah Tambal Defisit Anggaran)

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan segera mengeluarkan kebijakan baru untuk mengatasi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kebijakan tersebut yakni pemotongan DAU dan pemangkasan pajak rokok serta Dana Bagi Hasil (DBH) cukai hasil tembakau atau cukai rokok yang dialokasikan ke daerah.

Hasil pemangkasan dialokasikan ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kebijakan ini akan tertuang dalam peraturan menteri keuangan (PMK) yang ditargetkan keluar dalam waktu dekat.

Asdev Perencanaan Keuangan dan Manajemen Risiko Wahyu Giyanto mengatakan, penyelesaian tunggakan Pemda bisa dlakukan dengan pemotongan DAU dan bagi hasil. Untuk proses pemotongan dilakukan rekonsiliasi dalam berita acara kemudian disampaikan ke Kemenkeu.

(Baca juga : Tunggakan 3 Daerah Ini ke BPJS Kesehatan Capai Puluhan Miliar)

"Nanti akan dilakukan audit BPKP sebagai dasar pemotongan DAU," tuturnya.

Di Jabar, proses pemotongan DAU akan lebih mudah karena sudah ada komitmen penyelesaikan tunggakan antara pemda dengan BPJS Kesehatan. "Minggu ini sudah mulai rekonsiliasi. Setelah pemotongan DAU, clear (tidak ada tunggakan).

Kompas TV Modal tambahan ini ditujukan mengurangi masalah keuangan yang membelit BPJS Kesehatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com