Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koper Hitam Tak Bertuan di Kepri Bikin Heboh, Isinya Ternyata Kosong

Kompas.com - 23/05/2018, 13:37 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Jajaran Polda Kepulauan Riau (Kepri) menerjunkan satu tim jibom Gegana Sat Brimob Polda Kepri untuk melakukan pemeriksaan dan sterilisasi koper berwarna hitam yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya pada Rabu (23/5/2018). 

Penemuan koper hitam tidak bertuan tersebut menghebohkan warga sekitar. Koper tersebut ditemukan oleh seorang pejalan kaki di depan Kawasan Industri Panbil pukul 09.30 WIB. 

Setelah kurang lebih satu jam melakukan pemeriksaan dan sterilisasi, koper hitam tak bertuan tersebut langsung diamankan tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Kepri.

Baca juga: Cegah Kerusakan, Koper Penumpang Bandara Depati Amir Dibersihkan dan Dipantau CCTV

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga kepada Kompas.com membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun Erlangga mengatakan agar masyatakat Batam tidak perlu cemas dengan kejadian tersebut.

"Benar tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Kepri telah melakukan sterilisasi terhadap koper berwarna hitam yang terdapat di area pejalan kaki di depan kawasan Industri Panbil, namun keberadaan koper tersebut sama sekali tidak mengkhawatirkan," kata Erlangga, Rabu (23/5/2018).

Erlangga mengaku setelah dilakukan pengecekan, ternyata koper berwarna hitam yang sempat membuat heboh warga sekitar ternyata kosong.

Ada kemungkinan koper tersebut ditinggal pemiliknya karena memang ingin membuang atau tidak lagi mempergunakan koper tersebut.

Baca juga: Koper Mencurigakan Ditemukan di Parkiran RS Siloam

"Namun kami tetap memberikan apresiasi kepada masyarakat yang langsung melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian," ungkap Erlangga.

Erlangga berharap masyarakat tetap tenang dan khusus menjalankan ibadah puasanya bagi yang menjalankan. Dia memastikan untuk saat ini kondisi Batam tetap kondusif dan aman.

"Kepri umumnya dan Batam khususnya dalam keadaan kondusif, jadi tidak perlu ada yang dikawatirkan selama masyarakat membantu berperan aktif dalam menjaga suasana ini," jelas Erlangga.

Khawatir

Samsul, salah satu saksi mata yang ditemui di lokasi kejadian, mengaku koper tersebut pertama kali ditemukan temannya.

Karena merasa bingung bercampur khawatir, akhirnya temuan tersebut dilaporkan ke pihak petugas keamanan di Kawasan Industri Panbil.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Batam Meningkat Meski Polda Kepri Siaga 1

"Saat itulah pihak security langsung melaporkan hal ini ke pihak kepolisian hingga akhirnya tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Kepri turun," kata Samsul.

Samsul mengaku warga yang melihat sempat kaget dan ketakutan, namun setelah dinyatakan aman olah pihak Jibom. Saat itulah warga merasa tenang dan yakin Batam kondusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com