Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman-Ida Akan Turunkan Kemiskinan Jateng 6 Persen

Kompas.com - 20/04/2018, 21:33 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Sudirman Said dan Ida Fauziah, berkomitmen akan menurunkan angka kemiskinan hingga 6 persen jika terpilih pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

"Kami punya komitmen menurunkan kemiskinan menjadi 6 persen dalam lima tahun, menciptakan 5 juta lapangan kerja, semua itu dikerjakan dengan pemerintahan yang bersih dari korupsi," kata Sudirman dalam Debat Terbuka Pilkada Jawa Tengah, di Hotel Patra Semarang, Jumat (20/4/2018) malam.

Sudirman menilai, sumber semua masalah di Jawa Tengah adalah kemiskinan, mulai dari kekerasan, pendidikan sampai pernikahan dini.

"Hulu dari semua masalah adalah kemiskinan. Kemiskinan membawa kekerasan, putus sekolah, perceraian, sampai pernikahan dini. Fokus utama kami adalah mengurangi kemiskinan dengan berbagai cara. Tidak ada pilihan lain," tandasnya.

Baca juga : Debat Pilkada Jateng, Sudirman Said Tegaskan 22 Janji Kerja

Ida Fauziah, pasangan Sudirman, menambahkan, angka 6 persen penurunan kemiskinan bukan hal bombastis. Ida berkaca pada masa gubernur Jawa Tengah terdahulu Bibit Waluyo yang mampu menurunkan kemiskinan hingga 5,7 persen.

"Pak Bibit Waluyo bisa menurunkan angka kemiskinan sampai 5,7 persen. Jadi angka 6 persen bukan bombastis," tegasnya.

Baca juga : Diserang Kampanye Hitam, Sudirman Said Bilang Biarkan Saja

Dia melanjutkan, berbagai cara bisa dilakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, di antaranya adalah menciptakan lapangan kerja.

"Caranya dengan melahirkan dan kembangkan 1 juta wirausaha perempuan, 1 juta wirausaha muda, karena perempuan korban kemiskinan terbesar di Jateng," katanya.

Kompas TV Dalam suasana santai, pasangan Sudirman Said – Idha Fauziah mentraktir pasangan Ganjar Pranowo dan Taz Yasin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com