Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekad TB Hasanuddin Mengembalikan Kejayaan Cibaduyut Bandung

Kompas.com - 18/04/2018, 12:37 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan mengunjungi industri rumahan sepatu dan sandal Cibaduyut, Selasa (17/4/2018).

Pada kunjungan tersebut, Kang Hasan sempat menanyakan satu per satu para perajin, terkait permasalahan yang dihadapi. Dari obrolan tersebut, masalah yang kerap dihadapi perajin di antaranya permodalan dan sulitnya perizinan.

Kang Hasan kemudian meyakinkan para perajin jika dirinya akan mengembalikan kejayaan Cibaduyut melalui program Bogagawe yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton).

"Kami akan bantu mulai dari permodalan hingga pemasaran, agar para pengrajin ini bukan hanya mengerjakan orderan dan sebagai kuli saja, tapi mendapatkan penghasilan yang layak," ujarnya di Bandung, Rabu (18/4/2018).

(Baca juga : TB Hasanuddin Sebut Intoleransi di Jabar Jadi Sorotan PBB )

Menurut Hasanuddin, kualitas barang para perajin sepatu dan sandal Cibaduyut tidak kalah dengan kualitas impor. Dia yakin, produk-produk Cibaduyut mampu bersaing dengan produk lain yang beredar di pasaran.

Ke depan, ia berjanji akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada generasi penerus agar mampu menghasilkan barang dengan kualitas yang sama. Ini dilakukan agar ada regenerasi yang mampu mempertahankan kejayaan Cibaduyut.

"Saya siap memfasilitasi seperti zaman dulu lagi dimana Cibaduyut itu maju, berdiri dan terkenal dimana-mana, dan usahanya punya sendiri bukan kuli," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan perajin Cibaduyut, Ahmad Rojak optimistis Hasan akan membawa harapan baru bagi perajin sepatu Cibaduyut jika terpilih menjadi gubernur Jabar. 

(Baca juga : KPK Bakal Analisis Munculnya Nama TB Hasanuddin di Sidang Kasus Bakamla)

"Kami yakin, dengan Kang Hasan terpilih Jadi gubernur, akan membangkitkan perajin Cibaduyut dan membawa angin segar kepada masyarakat pelaku industri rumahan di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, membuka peluang yang seluas-luasnya bagi perkembangan home industry," pungkasnya.

Kompas TV Hasanah melaporkan pasangan Sudrajat - Syaikhu yang kampanye di rumah sakit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com