Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Widang-Babat Ambruk Saat Dilalui 3 Truk Beriringan

Kompas.com - 18/04/2018, 06:39 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Kasubag Humas Polres Tuban, Iptu Agus Edy Pranoto, mengatakan, ambruknya jembatan Babat-Widang yang menghubungkan Kabupaten Tuba dan Lamongan pada Selasa (17/4/2018) lalu terjadi saat dilalui tiga truk secara beriringan.

"Dari keterangan sejauh ini yang kami peroleh, ketiga truk awalnya sempat berjalan beriringan. Namun saat salah satu hendak menyalip, saat itu pula jembatan patah, dengan semua kendaraan berada di sebelah selatan garis jembatan yang patah," tutur Kasubag Humas Polres Tuban Iptu Agus Edy Pranoto, Selasa (17/4/2018).

Akibatnya, tiga truk tersebut dengan nomor polisi (nopol) S 8569 UE, W 9351 US, serta S 8227 UE jatuh ke sungai yang dilintasi jembatan itu. Selain itu, ada juga satu sepeda motor L 3466 DJ yang dikendarai berboncengan turut jatuh ke sungai.

Satu sopir truk bernomor polisi W 9351 US, Muhlisin, warga Desa Banter RT11/RW5, Kecamatan Benjeng, Gresik, tewas. Sedangkan Samsul Arif, sopir truk S 8227 UE warga Dusun Lengkong, Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, mengalami luka parah.

Baca juga : Urai Kemacetan Imbas Jembatan Babat-Widang Ambruk, Pengalihan Arus Lalin Disiapkan

Sementara Saiful Arif, sopir truk S 8569 UE warga Desa Kembangan, RT4/RW2, Kecamatan Kebomas, Gresik, selamat dan sedang diperiksa petugas kepolisian.

"Satu korban atas nama Muhlisin meninggal dunia, Samsul mengalami luka-luka berat. Sementara Saiful masih kami mintai keterangan lebih lanjut," jelasnya.

Baca juga : Evakuasi Awal Truk yang Jatuh karena Ambruknya Jembatan Babat-Widang Gagal

Diduga, jembatan ambruk karena tidak kuat menahan beban tiga truk yang berkumpul di satu titik.

"Truk saat itu semua berada di satu titik yang sama. Hingga ada yang coba mendahului kendaraan lain, dan kemudian jembatan sudah patah," kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, saat melihat langsung di lokasi kejadian.

Kompas TV Jembatan ini menghubungkan kabupaten Tuban dan Lamongan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com