Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lebaran 2018, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Ditargetkan Beroperasi

Kompas.com - 22/03/2018, 18:18 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com – Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran tahun 2018. Hal itu dipastikan setelah tim dari Kementerian Perhubungan meninjau proyek itu pada Kamis (22/3/2018) siang.

“Kami meninjau atas perintah Bapak Menteri (Perhubungan) untuk melihat kesiapan. Target Mei diselesaikan, setelah itu baru dilaporkan ke menteri,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo di lokasi proyek terminal bandara.

Sugihardjo beserta tim Kemenhub mengelilingi proyek terminal di lantai 1 dan lantai 2. Sekjen Kemenhub itu juga sempat melihat parkir pesawat dari lantai dua terminal tersebut.

Di sela tinjauan itu, Kemenhub meminta pekerja proyek terminal bandara untuk memperhatikan kualitas bangunan. Ia ingin agar material bangunan yang meliputi kaca dan lantai harus berkualitas dan tahan lebih lama.

“Saya pikir pekerjaan ini positif, sebelum Lebaran kan lebih cepat dari target,” ucapnya.

Baca juga: Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Bisa Beroperasi Saat Mudik Lebaran

Terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan salah satu proyek strategis nasional. Perluasan terminal bandara dilakukan lantaran terminal lama sudah melebihi kapasitas. Dari kapasitas 800.000 penumpang per tahun, tetapi nyatanya menampung 4,4 juta penumpang.

Terminal baru dibangun sembilan kali lipat hingga ditargetkan mampu menampung hingga 6 juta penumpang per tahun.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura 1 Wendo Asrul Rose menambahkan, paket pekerjaan terminal bandara berjalan sesuai progres. Untuk paket 1 dan paket 2 sudah tuntas 100 persen.

Sementara paket 3 berupa pembangunan terminal sudah berlangsung 63 persen, dan paket 4 berupa bangunan penunjang masih 10 persen.

“Rencananya, terminal penumpang akan diselesaikan pada bulan Mei. Jadi (pembukaan) tidak menunggu pekerjaan selesai,” ujar Wendo.

Baca juga: April 2018, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Akan Beroperasi

Kompas TV Terminal baru ini memiliki kapasitas 16 juta orang penumpang per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com