Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Tim DERU UGM Bantu Tangani Gizi Buruk di Asmat

Kompas.com - 06/02/2018, 12:34 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Disaster Response Unit (DERU) dikirim ke Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, untuk membantu penanganan masalah gizi buruk.

Tim DERU UGM ini bertugas dari tanggal 23 Januari hingga 29 Januari 2018. Selama perjalanan, tim ini harus berhadapan dengan ombak yang kondisinya tidak dapat diprediksi untuk bisa sampai ke Agats.

Kapal yang ditumpangi tujuh orang anggota tim terpaksa harus memilih untuk tidak melanjutkan perjalanan malam ke Agats karena kondisi ombak sangat besar.

Nakhoda kapal menyarankan kepada tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan peneliti UGM ini untuk singgah sementara di sebuah pulau tidak berpenghuni.

Sembari menunggu ombak kembali normal, malam itu beberapa anggota tim memanfaatkan untuk beristirahat. Ada yang memilih tidur di kapal dan ada pula yang membuat tenda.

Posisi tenda pun tidak jauh dari kapal. Sebab, di pulau yang masih terdapat hutan bakau tersebut banyak hewan liar seperti buaya.

Kesesokan harinya, ombak lebih bersahabat dari sebelumnya. Tak ingin membuang waktu, tim DERU kembali melanjutkan perjalanan menuju Agats. Setelah melakukan perjalanan panjang di atas kapal, akhirnya pada Jumat (26/01/2018) tim ini tiba di tujuan.

"Tanggal 26 Januari kami tiba di Agats. Kira-kira kami menempuh 22 jam hingga sampai ke Agats," ujar Rachmawan Budiarto, salah satu anggota tim DERU UGM, Senin (5/2/2018).

Baca juga: Praja IPDN Akan Dikirim ke Asmat untuk Praktik Kerja Lapangan

Sesampainya di Agats, semua anggota tim lantas berpencar guna membantu penanganan KLB gizi buruk dan campak. Sebelumnya, mereka berkoordinasi dengan pemkab setempat, Kemenkes, dan TNI dalam penanganan masalah gizi buruk dan berbagai dampaknya.

"Para perawat dan dokter langsung terjun membantu penanganan pasien anak yang terkena kurang gizi," ucapnya.

Tim DERU UGM juga memetakan berbagai persoalan lain yang dihadapi warga Asmat, dari persoalan layanan kesehatan, infrastruktur, teknologi, hingga kondisi sosial budaya.

Rachmawan menyampaikan, dari 23 distrik yang ada di Asmat, hanya dua distrik yang terjangkau oleh PLN. Distrik yang tidak terjangkau PLN untuk sementara masih menggunakan genset.

Melihat kondisi itu, peneliti dari pusat studi energi UGM melakukan pemasangan panel surya di puskesmas distrik Sawaerma. Tim harus menempuh perjalanan 50 menit dari Agats menuju Sawaerma dengan menggunakan speed boat.

"Kami memasang sistem panel surya 200 Wp di Puskesmas Sawaerma karena belum ada listrik PLN di sana. Pemasangan panel surya ini guna menunjang operasional layanan kesehatan," tuturnya.

Menurut Rachmawan, sejak ada kasus KLB gizi buruk dan korban meninggal akibat campak, program kegawatdaruratan yang dilaksanakan antar-kementerian, pemkab, serta unsur TNI dan Polri cukup berjalan efektif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com