Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Mahasiswa Tersesat di Gunung Raung

Kompas.com - 02/02/2018, 20:26 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Zaki Putra Andika (23), mahasiswa asal Lamongan tersesat di Gunung Raung, dan hingga Jumat (2/2/2018)) malam belum ditemukan.

Zaki bersama kedua rekannya, Mohamad Sholahudin Qoyim (22) dan Mohammad Bayu Alfarizi (19) menginap di base camp Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru pada Senin (29/1/2018) sore dan mendaki dari Pos 1 pada Selasa (30/1/2018) pagi. 

"Mereka mendaki tanpa didampingi pemandu dan sempat diperingatkan warga sekitar untuk tidak melanjutkan pendakian karena melihat perbekalan yang kurang dan persiapan mereka tidak memadai," jelas Eka Muharam, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/2/2018).

Eka menjelaskan, ketiga orang tersebut berpisah di puncak tusuk gigi Gunung Raung. Mohammad Bayu Alfarizi memilih tidak melanjutkan pendakian karena kondisinya tidak kuat, sedangkan kedua rekannya melanjutkan pendakian menuju kawah.

(Baca juga : Tiga Pendaki Tersesat di Gunung Bawakaraeng)

Lalu Mohammad Bayu Alfarizi, turun bersama pendaki asal Malaysia pada 1 Februari 2018. Ia menginformasikan kondisi kedua rekannya yang masih di atas dan kemungkinan mereka tersesat.

"Tim SAR lokal dari warga sekitar saat itu langsung mencari kedua pendaki dan menemukan seorang pendaki atas nama Mohamad Sholahudin Qoyim di pos 7 dalam keadaan selamat sekitar pulul 11 malam," tuturnya.

"Dan tadi hingga jam 5 sore dilaporkan mereka dalam perjalanan turun dibantu pendaki asal Jakarta. Jika dalam kondisi normal sore hari sudah sampai, tapi mungkin agak terhambat karena curah hujan di daerah Kalibaru cukup tinggi," jelas Eka.

Sementara itu nasib pendaki terakhir Zaki Putra Andika hingga Jumat malam masih belum diketahui. Tim SAR gelombang kedua dari masyarakat sekitar telah melakukan pencarian.

"Kami berharap agar pendaki kedua bisa memberikan penjelasan di mana mereka terpisah untuk mengetahui kondisi terakhir pendaki yang belum ditemukan," jelas Eka.

(Baca juga : Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Tiga Pendaki Lansia Turun dengan Selamat )

Ketiga pendaki tersebut menuju Kawah Gunung Raung melalui jalur Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Rata-rata setiap bulan, ada 200 orang domestik dan mancanegara yang mendaki melalui jalur tersebut. 

Kompas TV Awan tersebar dan tertiup layaknya ombak di antara lembah pegunungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com