Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Tiga Pendaki Lansia Turun dengan Selamat

Kompas.com - 29/01/2018, 06:32 WIB
Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga pendaki yang berusia lanjut, yaitu Dg Ngalle (55), Dg Lu'mu (45), dan Dg Romba (65), warga Desa Salu Toa, Desa Parigi, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, yang sempat dinyatakan tersesat akhirnya berhasil turun dari Gunung Bawakaraeng, Minggu (28/1/2018) malam.

Staf Humas Basarnas Makassar, Hamsidar, mengatakan, ketiga pendaki asal Kabupaten Gowa ini berhasil turun dari Gunung Bawakaraeng tembus ke Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Ketiganya tersesat karena faktor cuaca buruk dan telah berusia tua.

"Alhamdulillah, ketiganya berhasil selamat dan kondisinya sehat. Ketiga pendaki ini terpisah dengan enam rekannya di Pos 9 dan mereka dari Pos 10 menuju Lembanna. Mereka salah jalur di Pos 9 dan mereka melalui jalur Tasoso, Kabupaten Sinjai," kata Hamsidar.

Baca juga: Tiga Pendaki Tersesat di Gunung Bawakaraeng

Sebelumnya diberitakan, ketiga pendaki ini dinyatakan tersesat dan hilang setelah enam orang rekannya telah turun dari Gunung Bawakaraeng, Sabtu (27/1/2018) malam. Keenam pendaki yang selamat dan tiba di Kabupaten Gowa menyatakan, ketiga rekannya tersesat dan hilang di Pos 9 Gunung Bawakaraeng.

Tim Basarnas Makassar yang mendapat informasi langsung menerjunkan personelnya untuk melakukan pencarian di Gunung Bawakaraeng. Tiga pendaki yang tersesat itu terdiri dari dua orang wanita dan seorang pria.

Awalnya, pendaki ini berjumlah sembilan orang dari Desa Salu Toa, Desa Parigi, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Mereka memulai perjalanan ke Gunung Bawakaraeng sejak tanggal 22 Januari lalu. Keenam pendaki yang selamat itu terpisah dengan ketiga rekannya yang tersesat setelah terpisah di Pos 9 Gunung Bawakaraeng.

Kompas TV Setelah 3 hari hilang, pendaki yang terpisah dengan rombongannya di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, akhirnya ditemukan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com