Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Tiga Pendaki Lansia Turun dengan Selamat

Kompas.com - 29/01/2018, 06:32 WIB
Dua pendaki tengah menikmati panorama di puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Selasa, (31/1/2017). KOMPAS.com / ABDUL HAQDua pendaki tengah menikmati panorama di puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Selasa, (31/1/2017).
|
EditorErwin Hutapea


MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga pendaki yang berusia lanjut, yaitu Dg Ngalle (55), Dg Lu'mu (45), dan Dg Romba (65), warga Desa Salu Toa, Desa Parigi, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, yang sempat dinyatakan tersesat akhirnya berhasil turun dari Gunung Bawakaraeng, Minggu (28/1/2018) malam.

Staf Humas Basarnas Makassar, Hamsidar, mengatakan, ketiga pendaki asal Kabupaten Gowa ini berhasil turun dari Gunung Bawakaraeng tembus ke Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Ketiganya tersesat karena faktor cuaca buruk dan telah berusia tua.

"Alhamdulillah, ketiganya berhasil selamat dan kondisinya sehat. Ketiga pendaki ini terpisah dengan enam rekannya di Pos 9 dan mereka dari Pos 10 menuju Lembanna. Mereka salah jalur di Pos 9 dan mereka melalui jalur Tasoso, Kabupaten Sinjai," kata Hamsidar.

Baca juga: Tiga Pendaki Tersesat di Gunung Bawakaraeng

Sebelumnya diberitakan, ketiga pendaki ini dinyatakan tersesat dan hilang setelah enam orang rekannya telah turun dari Gunung Bawakaraeng, Sabtu (27/1/2018) malam. Keenam pendaki yang selamat dan tiba di Kabupaten Gowa menyatakan, ketiga rekannya tersesat dan hilang di Pos 9 Gunung Bawakaraeng.

Tim Basarnas Makassar yang mendapat informasi langsung menerjunkan personelnya untuk melakukan pencarian di Gunung Bawakaraeng. Tiga pendaki yang tersesat itu terdiri dari dua orang wanita dan seorang pria.

Awalnya, pendaki ini berjumlah sembilan orang dari Desa Salu Toa, Desa Parigi, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Mereka memulai perjalanan ke Gunung Bawakaraeng sejak tanggal 22 Januari lalu. Keenam pendaki yang selamat itu terpisah dengan ketiga rekannya yang tersesat setelah terpisah di Pos 9 Gunung Bawakaraeng.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X