Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasi Medan Berat, Penyaluran Bantuan Korban Gempa Lebak Terkendala

Kompas.com - 28/01/2018, 10:57 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Bantuan untuk korban terdampak gempa bermagnitudo 6,1 berpusat Lebak, Banten di Sukabumi, Jawa Barat terus disalurkan.

Kali ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menyerahkan bantuan ke lokasi bencana Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Sabtu (27/1/2018).

Untuk mencapai beberapa lokasi bencana ini harus melintasi medan berat di tengah perbukitan. Dinsos pun melibatkan para offroader VESS Community.

"Jalan ke lokasi dari kantor desa kondisinya berat, apalagi bila hujan," kata Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada Kompas.com selesai menurunkan bantuan di Kampung Cigeledug, Sabtu siang.

Baca juga : Medan Berat, Penyaluran Bantuan Untuk Korban Gempa Libatkan Komunitas Jeep

Makanya, lanjut dia, pihaknya melibatkan atau kerja sama dengan komunitas penggemar offroad dari VESS Community Sukabumi.

"Mobil-mobil ini membawa bantuan,seperti tenda dan bantuan yang lainnya.Tenda ukuran keluarga yangdi bawa ini didirikan untuk para pengungsi," sambungnya.

Pantauan Kompas.com perjalanan menuju tiga kampung terdampak gempa Lebak di wilayah Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran ini harus melintasi jalan desa yang masih berbatu yang licin.

Tiga kampung yang pertama setelah menempuh perjalanan cukup melelahkan yaitu Datarnangka, selanjutnya Pasirmenyan dan terakhir di Kampung Cigeledug.

Rombongan mobil offroad dari jenis Suzuki Vitara dan Escudo ini juga harus melintasi jalan tanah yang menanjak dan menurun.

Bahkan di satu lokasi di tengah hutan pinus, mobil-mobil offroad ini harus antre, karena ada satu mobil terjebak lumpur. Namun dapat cepat diatasi.

"Intinya kami ingin membantu meringankan beban saudara-saudara yang terdampak gempa, dan ingin bantuan ini sampai ke lokasi," kata Ketua VESS Community Sukabumi, Dera Andriana di sela-sela penyerahan bantuan.

Menurut dia pihaknya juga menyerahkan bantuan hasil penggalangan dari para anggota VESS melalui Dinsos. Seperti sembako dan pakaian layak pakai.

"Ke lokasi ini kami juga membawa bantuan yang sudah terkumpul di Dinsos ke lokasi, karena kondisi jalannya yang dilintasi berat,' pungkasnya.

Baca juga : Takut Gempa Susulan, Warga Sukabumi Tidur di Tenda Pengungsian

Kompas TV Dua hari pascagempa 6,1 Magnitudo warga Lebak Banten mulai membersihkan rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com