Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Lebak, Ratusan Bangunan di Jabar Rusak, 8 Orang Luka-luka

Kompas.com - 24/01/2018, 17:20 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasca gempa bumi berkekuatan 6,1 Magnitudo yang berpusat di Lebak, Banten, pada Selasa (23/1/2017), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menginventarisir sejumlah daerah yang terimbas gempa tersebut.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, getaran gempa terasa di 19 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Akibatnya, sejumlah orang mengalami luka-luka dan terjadi kerusakan puluhan bangunan.

“Dari belasan daerah yang terasa getaran, hanya Cianjur, Bogor dan Sukabumi yang sampai terjadi kerusakan dan korban luka,” kata Budi, Rabu (24/1/2018).

Kepala Pelaksana BPBD Prov Jabar Dicky Saromi mengatakan data mutakhir per 24 Januari 2018 pukul 08.00 WIB menyebutkan, sedikitnya 19 kota/kab di Jabar merasakan gempa.

 

(Baca juga : Gempa Susulan Banten Sudah 46 Kali, Salah Satunya Bermagnitudo 5,1)

Meliputi Kabupaten Sukabumi, Bekasi, Bogor, Cianjur, Subang, Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Majalengka, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran. Kemudian Kota Sukabumi, Bekasi, Bogor, Bandung, Tasikmalaya, dan Banjar.

"Tiga daerah terdampak paling besar, dengan dampak total keseluruhan 96 unit rumah rusak termasuk 33 unit rumah rusak berat. Tercatat satu unit gedung SMK, puskesmas, tempat ibadah, dan tiga unit gedung/perkantoran turut terdampak. Kami mencatat delapan orang luka-luka akibat gempa ini,” ucapnya.

Untuk persediaan logistik daerah yang terdampak, BPBD Jabar masih melakukan pendataan apakah perlu tambahan atau mencukupi.

Dicky menjelaskan, pihaknya selama ini memiliki mekanisme penyaluran bantuan logistik secara rutin pertahunnya ke semua kota/kab di Jawa Barat sebagai stok darurat.

“Terakhir kami salurkan bulan Agustus 2017. Ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi bencana, keperluan logistik dapat segera tersalurkan ke korban,” katanya.

(Baca juga : 204 Bangunan di Nanggung, Bogor, Rusak akibat Gempa Lebak)

Persediaan Logistik ini meliputi makanan siap saji, lauk pauk, tambahan gizi, sandang, selimut, tenda gulung, masker, karung pasir, perlengkapan sekolah, perlengkapan makan, paket rekreasional, peralatan dapur, kidsware, family kit, dan kesehatan keluarga.

Kompas TV Berdasarkan data dari BPBD kabupaten Bogor tercatat ada 269 rumah mengalami kerusakan akibar gempa yang terjadi di Lebak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com