Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penampakan Mobil Bermuka Dua di Bandung

Kompas.com - 17/01/2018, 07:45 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah kendaraan roda empat dengan bentuk dimensi yang tak lazim sempat terlihat berkeliaran pada Senin (15/1/2018).

Sebuah mobil bermuka dua menjadi pusat perhatian warga di jalan yang di laluinya. Beberapa foto pun muncul di dunia maya. Kompas.com melihat langsung kendaraan tersebut. Ini penampakan mobil bermuka dua di Bandung

Mobil bermuka dua ini tengah diparkir di sebuah tempat di Jalan Babakan, Cibeureum, Bandung, Selasa (16/1/2018).KOMPAS.com/AGIE PERMADI Mobil bermuka dua ini tengah diparkir di sebuah tempat di Jalan Babakan, Cibeureum, Bandung, Selasa (16/1/2018).
Selain viral karena foto-foto yang diambil netizen, mobil unik ini pernah ditilang polisi lantaran dinilai tak laik jalan.

Mobil bermuka dua itu dikenakan pasal 275 ayat 2 tentang Persyaratan Teknis, dan pasal 286 tentang Persyaratan Laik Lalan Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

(Baca juga: Baca juga : Mobil Bermuka Dua Dibuat untuk Keperluan Kontes)

Mobil ini dinilai tak laik jalan karena tidak memiliki lampu mundur, dimensi kendaraan yang tak sesuai, dan juga memiliki mesin ganda atau dua.

Kendaraan itu juga belum memiliki izin rubentina (rubah bentuk ganti warna), bahkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan plat nomornya juga dua.

Penampakan mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena bentuknya yang tak lazim.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Penampakan mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena bentuknya yang tak lazim.
Toyota Vios Limo 1500 cc merupakan dua kendaraan operasional taksi yang dibeli sang pemilik dan dibentuk sedemikian rupa. Kendaraan tersebut dipotong menjadi dua dan menyisakan bagian depan kendaraan yang kemudian disambung menjadi satu.

Kendaraan tersebut memiliki mesin ganda dan memiliki tempat duduk yang saling membelakangi. Untuk setir sendiri berada di depan dan belakang kendaraan.

Begitupun dengan pedal gas dan rem ada di dua sisi yang berbeda. Bahkan dua bagian mobil ini menggunakan suspensi depan.

Bagian dalam mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena unik dan bentuknya yang tak lazim.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Bagian dalam mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena unik dan bentuknya yang tak lazim.
Untuk menyelesaikan pengerjaan kendaraan ini dibutuhkan lebih dari 10 orang. Proses pengelasan memakan waktu paling lama dibanding pengecatan yang hanya membutuhkan waktu sebulan. 

Mobil berwarna orange tersebut sempat viral didunia maya lantaran bentuknya yang tak lazim. Bagaimana tidak, secara kasat mata kita akan dibingungkan dengan tampilan depan kendaraan tersebut.

Pasalnya mobil ini tak memiliki bagian belakang, seperti terlihat dua bagian depan muka mobil yang disambung menjadi satu.

Salah satu sisi mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena unik dan bentuknya yang tak lazim.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Salah satu sisi mobil bermuka dua di Bandung. Mobil ini sempat viral karena unik dan bentuknya yang tak lazim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com