Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Nasdem, Demokrat, dan Hanura Usung Haryo-Irawan pada Pilkada Temanggung

Kompas.com - 09/01/2018, 11:30 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Partai Nasdem, Demokrat, dan Hanura sepakat mengusung Haryo Dewandono dan Irawan Prasetyadi sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Kabupaten Temanggung 2018.

Ketua DPD Partai Nasdem Temanggung Muh Sayid menyatakan, dewan pimpinan pusat tiga partai itu kompak menjatuhkan rekomendasi kepada pasangan tersebut di Jakarta, Minggu (7/1/2018).

"Kami sepakat mengusung Haryo – Irawan sebagai pasangan cabup – cawabup Temanggung pada Pilkada 2018 ini. Rekomendasi dari DPP tiga partai turun bersamaan, ini rekor," kata Muh Sayid di Temanggung, Senin (8/1/2018).

Haryo menjelaskan, ada beberapa hal yang dimiliki Haryo Dewandono sehingga dia dinilai layak maju pada kontestasi Pilkada 2018. Sayid menyebutkan, Haryo merupakan salah seorang tokoh berpengaruh di Temanggung. Selain pengusaha, Haryo yang pensiunan PNS DLLAJR itu juga aktif di berbagai kegiatan olahraga dan sosial.

"Pak Haryo dekat dengan masyarakat," ucap Sayid.

Nama Haryo Dewandono pernah masuk bursa Pilkada Temanggung 2008, dengan hasil survei elektabilitas tertinggii versi lembaga survei Saeful Mujani. Namun, ketika itu Haryo masih berstatus PNS sehingga urung maju pada Pilkada 2008. Sedangkan saat ini Haryo sudah pensiun.

Baca juga: Pilkada Magelang dan Temanggung Dipastikan Tanpa Paslon Perseorangan

Sementara itu, nama Irawan Prasetyadi dianggap pantas maju kembali menjadi wakil bupati karena sudah berpengalaman pemerintahan periode sebelumnya alias petahana.

"Hasil survei elektabilitas juga tinggi, mencapai 48 persen," sebutnya.

Sayid mengungkapkan, koalisi partainya dengan Partai Demokrat dan Hanura merupakan koalisi baru dan di luar dugaan. Pasalnya, sejak awal Nasdem menjalin koalisi dengan PDI-P untuk mengusung petahana Bupati Temanggung, Mulyadi Bambang Sukarno dan Matoha.

Namun, dinamika politik bergerak cepat mendorong Nasdem mengambil opsi lain untuk membentuk koalisi baru dengan dua partai tersebut.

"Kami berkomunikasi dengan Demokrat dan Hanura sehingga tercapai kesepakatan politik untuk membentuk koalisi baru di luar koalisi yang sekarang sudah ada yang mengusung pasangan Bambang Sukarno-Matoha, Muhammad Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo," katanya.

Adapun harapan terbesar dari pasangan ini, kata Sayid, adalah terwujudnya Kabupaten Temanggung sebagai daerah dengan angka IPM yang terbaik. Saat ini angka IPM Temanggung nomor 26 dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

"Figur Haryo Dewandono yang pengusaha diharapkan mampu mendukung visi percepatan pembangunan ekonomi ini. Ditambah Irawan Prasetyadi yang petahana wabup tentu mengetahui seluk-beluk pemerintahan dan permasalahan yang ada,” urai Sayid.

Selanjutnya, pihaknya akan mendaftarkan pasangan Haryo Dewandono–Irawan Prasetyadi sebagai peserta pilkada ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung pada Rabu (10/1/2018).

Kompas TV Simak pembahasannya hanya di Sapa Indonesia Malam berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com