Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Polisi Periksa Rel KA Jalur Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 21/12/2017, 07:57 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis


GROBOGAN, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Grobogan, Jawa Tengah, melaksanakan pemeriksaan sejumlah titik pelintasan rel kereta api jalur Jakarta-Surabaya di wilayah hukumnya, Rabu (20/12/2017).

Langkah ini untuk memastikan keamanan calon penumpang KA menjelang Natal dan tahun baru 2018. Pemeriksaan dan penyisiran dilakukan oleh Satuan Sabhara Polres Grobogan di pelintasan rel KA di Stasiun Ngrombo dan sekitarnya.

"Ini kegiatan rutin kami menjelang libur panjang. Pengecekan rel KA untuk mengantisipasi gangguan keamanan di jalur kereta api pada kegiatan mudik dan balik pada akhir tahun ini," kata Kaur Bin Ops Sat Sabhara Polres Grobogan Ipda Mujiyadari yang memimpin patroli rel KA, Rabu (20/12/2017).

Menurut Mujiyadari, dalam kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga siang tersebut, polisi tidak menemukan sesuatu mencurigakan yang bisa memengaruhi perjalanan KA. Rencananya, pengecekan rel KA akan dilanjutkan kembali pada Kamis (21/12/2017).

"Sementara jalur rel di wilayah hukum kami masih aman terkendali. Bantal rel sampai saat ini semua masih dalam kondisi bagus. Kami juga tidak menemukan barang berbahaya di atas rel, seperti paku, kayu balok, dan batu," ujarnya.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Tiket Kereta Api Diskon 40 persen

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano menyampaikan, kegiatan kepolisian tersebut merupakan antisipasi awal untuk mendeteksi sabotase atau hal lain yang menyangkut keamanan masyarakat.

"Menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Jalur KA pastinya padat mengingat KA adalah jasa transportasi yang menjadi andalan masyarakat. Ini langkah dini untuk mencegah hal yang bisa mengganggu keamanan dan kelancaran KA," terangnya.

Menurut Satria, pemeriksaan rel KA akan dilakukan intensif oleh kepolisian. Selebihnya, kepolisian juga akan bekerja sama dengan PT KAI. "Tahap pengecekan selanjutnya kami akan bekerja sama dengan PT Kereta Api,” tuturnya.

Kompas TV PT Kereta Api Daerah Operasi Sembilan, Jember luncurkan kereta api kelas premium jarak jauh untuk musim libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com