Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Beras di Lhokseumawe Melambung

Kompas.com - 12/12/2017, 20:29 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Menjelang perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018, harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (12/12/2017).

Kenaikan itu seperti terlihat pada harga beras yang naik sekitar Rp 5.000-Rp 10.000 per zak tergantung merek.

Sedangkan harga telur mengalami kenaikan dari Rp 40.000 per papan menjadi Rp 45.000 per papan. Daging ayam dijual dari Rp 27.000 per kilogram menjadi Rp 30.000 per kilogram.

Harga cabai merah dan cabai hijau juga mengalami kenaikan. Penyebab kenaikan harga itu karena minimnya suplai dari sejumlah daerah penghasil, seperti Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Kabupaten Aceh Utara, karena banjir sepekan lalu.

Baca juga: Paket Sembako Rp 30.000 Tak Sanggup Ditebus Semua Warga

Ketua Satuan Tugas Ketahanan Pangan Kota Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu menyebutkan, pihaknya segera menggelar operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga.

“Operasi pasar kami lakukan di depan Kantor Pengadaian Lhokseumawe. Ini bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik dan Dinas Perdagangan Lhokseumawe,” terang Budi Nasuha.

Dia meminta masyarakat proaktif mengatasi potensi penimbunan yang terjadi jelang hari-hari besar di Lhokseumawe. “Jika melihat ada spekulan yang bermain menimbun barang, silakan laporkan ke kami. Saya pastikan dia akan kami proses sesuai hukum berlaku,” ujarnya.

Kompas TV Para tukang becak mengaku sangat senang dan bahagia dapat bertemu presiden dan mendapatkan paket kebutuhan pokok.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com